Isu Toyota Yaris Indonesia Berbagi Platform dengan Versi GR, Ini Penjelasannya

Mungkinkah Yaris Indonesia akan mengalami perubahan menyesuaikan basis yang dipakai GR Yaris?

Senin, 21 Juni 2021 16:15
Isu Toyota Yaris Indonesia Berbagi Platform dengan Versi GR, Ini Penjelasannya Toyota GR Yaris (Toyota)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Toyota Yaris merupakan hatchback kelas sub-kompak yang telah menapaki pasar Indonesia sejak tahun 2003. Model yang diadopsi PT Toyota Astra Motor (TAM) saat ini adalah XP150 atau dikenal sebagai Yaris 'Joker' dengan muka senyumnya.

Toyota Yaris juga ditawarkan di Eropa dan Jepang dengan kode XP130. Jika dibandingkan, punya spesifikasi lebih komplet dengan kelengkapan seperti Pre-Collision System (PCS) dan Adaptive Cruise Control (ACC) sebagai fitur standarnya.

 

 

1 dari 4 Halaman

Yaris XP130 inilah yang menjadi basis bagi Gazoo Racing (GR) Yaris, mobil sports terbaru Toyota yang dalam waktu dekat hadir di Tanah Air; meski indennya sudah ditutup dan ludes duluan.

Mengacu pada insight di atas, mungkinkah Yaris Indonesia akan mengalami perubahan menyesuaikan basis yang dipakai GR Yaris?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Marketing TAM menyatakan Yaris di Indonesia berbeda dengan versi luar karena target dan segmentasinya.

2 dari 4 Halaman

"Yaris biasa (non-GR) berbeda secara region, produk tersebut ditujukan pada negara atau segmen yang mempunyai kebutuhan berbeda dengan Indonesia," ucapnya, Kamis (17/06/2021).

Anton lebih lanjut memaparkan kenapa Yaris lokal tidak berubah sedangkan GR Yaris justru memakai basis yang berbeda. Ia menyebut GR Yaris masuk dalam kategori sports car yang khusus dijual secara terbatas, sedangkan Yaris biasa dilego secara masal dan harus mencakupi permintaan region pemasarannya.

3 dari 4 Halaman

Anton menambahkan, Yaris XP130 didesain untuk keperluan pasar Eropa dan Jepang, sedangkan Yaris XP150 dengan dimensi dan proporsi yang lebih besar diperuntukkan negara-negara Asia seperti Indonesia dan Thailand.

Terkait perubahan model, Anton merinci, pihaknya belum memiliki rencana untuk mengubah Yaris ke model Eropa dan Jepang. Model yang mereka tawarkan saat ini sudah cukup memumpuni untuk mengakomodir permintaan konsumen Indonesia.

4 dari 4 Halaman

"Kalau ditanya akan berubah ke arah sana (XP130), pada saat ini tidak ada rencana, masih menggunakan Yaris platform dan tipe yang sekarang," sebut Anton.

Penulis: Arendra Pranayaditya

(kpl/dit/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami