Internet Beri Kontribusi pada Tren Otomotif Indonesia

Penggunaan internet saat ini berperan besar pada industri otomotif di Indonesia.

Kamis, 6 Desember 2018 16 : 15 WIB
Pameran otomotif (clickondetroit.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Baru-baru ini, Google memaparkan data yang berisi karakter pengguna internet di Indonesia sepanjang 2018. Berdasar data dari Thinkwithgoogle.com dalam Liputan6.com, terjadi peningkatan yang cukup pesat pada jumlah pengguna internet di Indonesia, dari 29% di tahun 2013 menjadi 56% pada 2017 lalu.

Fakta unik lainnya, nyaris semua pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengakses dunia maya. Setidaknya 94 persen pengguna internet menggunakan smartphone di 2018, sedangkan di tahun 2013 hanya berkisar 40 persen. Pengguna internet pun tak terbatas di perkotaan saja, masyarakat yang tinggal pedesaan pun kini dapat dengan mudah mengakses dunia maya.

Perkembangan tersebut berdampak terhadap pencarian informasi terkait dengan dunia otomotif. Di tahun 2018, pencarian yang terkait dengan otomotif meningkat 1,3 kali lipat. Pencarian yang terbanyak dilakukan adalah mobil MPV dengan persentase 45 persen. Setelah itu diikuti oleh pencarian SUV dengan persentase 17 persen. Sedangkan pencarian terkait sepeda motor meningkat 1,6 kali, berkat kehadiran beragam produk skutik.

Kehadiran konten video yang berkaitan dengan dunia otomotif memberikan dampak positif terhadap konsumen. 82 persen pembeli mobil mendapatkan impresi positif terhadap sebuah mobil atau pabrikan mobil setelah menonton video terkait. 65 persen pembeli mobil mengaku video online mengenalkan mereka terhadap mobil yang tak dilirik sama sekali sebelumnya.

Tren tersebut pun berpengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap dealer. 78 persen pembeli mobil mencari dealer melalui search engine, 76 persen pembeli mobil mencari harga dan promo sebelum mengunjungi dealer. Bahkan, saat mengunjungi dealer pun 60 persen pembeli masih menggunakan smartphone untuk mencari informasi seputar mobil.

Pameran otomotif pun berpengaruh kepada karakteristik calon pembeli mobil. Pencarian terkait merek mobil meningkat 1,4 kali lipat menjelang event tersebut berkat adanya model baru. Puncaknya terjadi pada satu minggu sebelum acara berlangsung. Kata kunci yang umum digunakan adalah mobil baru, harga tiket, promosi, dan lokasi kegiatan.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 (kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami