Inspiratif! Polisi di Kabupaten Bone Jadi Pegiat Literasi, Keliling Naik Motor Sambil Bawa Buku

Kisah inspiratif seorang polisi yang jadi pegiat literasi di Bone, Sulawesi Selatan

Selasa, 11 Januari 2022 12:15
Inspiratif! Polisi di Kabupaten Bone Jadi Pegiat Literasi, Keliling Naik Motor Sambil Bawa Buku Bripka Andi Ikbal Rosani (Twitter/@maman1965)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Maman Suherman atau yang lebih akrab disapa Kang Maman membagikan kisah inspiratif dari seorang polisi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Bripka Andi Ikbal Rosani. Selain jadi polisi, Bripka Andi turut serta menggalakkan literasi kepada anak-anak kecil di tempatnya.

Kisah inspiratif ini Kang Maman bagikan di Twitter-nya @maman1965 pada Kamis (6/1/2021) lalu. Berikut ini ulasan lengkapnya!

1 dari 8 Halaman

Pegiat Literasi

Bripka Andi Ikbal Rosani (Twitter/@maman1965)

Selain bertugas menjadi polisi, Bripka Andi selalu menyempatkan diri untuk berkeliling dengan mengendarai motor. Tujuannya cuma satu, yakni membawa buku bacaan dan mengajarkan calistung kepada anak-anak.

Dari sederet potret yang diunggah, anak-anak sekolah membaca buku yang dibawa Bripka Andi. Uniknya mereka asyik membaca di sebuah warung.

2 dari 8 Halaman

Tampaknya Bripka Andi membawa buku-buku tersebut di boks belakang motornya.

"Di luar tugas rutin, ia kerap berkeliling dengan motornya membawa bahan bacaan untuk anak-anak. Mengajarkan anak-anak calistung," tulis Kang Maman

"Giat Pustaka Keliling Pak Bhabin... Cc @DivHumas_Polri @IDForumTBM," tambahnya.

3 dari 8 Halaman

Dirikan Rumah Baca

Bripka Andi Ikbal Rosani (Twitter/@maman1965)

Ternyata Bripka Andi juga telah mendirikan rumah baca. Bahkan ia juga membina sebuah Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di sebuah desa di Tanete Riattang, Bone.

"Selain bergiat di Pustaka keliling dan rumah baca Dua Wali yang didirikannya, ia juga membina TK/TPA di desa binaannya di Tanete Riattang, Bone," tulis Kang Maman.

Tak lupa Kang Maman menyemangati Bripka Andi agar terus menebarkan virus literasi di Bone. "Hari ini saya "menyapa" Andi Ikbal dr jauh. Menyemangatinya utk terus tebar virus literasi di Bone, di mana sy pernah habiskan masa kecil, saat bapak saya, seorang tentara, ditugaskan di pelabuhan rakyat Bajo'e," tulisnya.

4 dari 8 Halaman

 

 

5 dari 8 Halaman

Heboh Anggota Polresta Surakarta Bantu Jajakan Koran ke Para Pengendara, Netizen: Ini Baru Polisi

Polisi jual koran (Instagram/@fakta.indo)

Selain bertugas mengatur arus lalu lintas, terkadang polisi juga membantu orang-orang yang membutuhkan. Seperti polisi satu ini, ia membantu seorang penjual koran di pinggir jalan untuk menjajakan dagangannya.

Video yang memerlihatkan aksi terpuji ini diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo pada Jumat (17/12/2021). "Seorang petugas Polisi membantu Bapak2 penjual koran di pinggir jalan," tulis akun tersebut.

6 dari 8 Halaman

Di video yang diunggah, terlihat seorang polisi tengah menjajakan koran ke pengendara mobil. Tampaknya ia juga menjual tisu dan si pengendara membeli satu bungkus.

Ia pun berterima kasih ke wanita pengendara mobil karena sudah membelil dagangannya. Selain itu, polisi tersebut juga mengaku anggota dari Polresta Surakarta.

"Polresta Surakarta buk," kata polisi.

7 dari 8 Halaman

Setelah itu, ia menyerahkan uang yang diperolehnya ke penjual koran. Menariknya ia tampak bersemangat ketika membantu penjual koran dan memotivasi sebab dagangan yang dijual tinggal sedikit lagi.

"Kurang dua lagi pak," kata polisi ke penjual koran.

8 dari 8 Halaman

Video yang telah ditonton lebih dari 363 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut atas aksi terpuji anggota polisi tersebut.

"Baru kali ini gue liat polisi [asli] yang melayani masyarakt," tulis @yusufhendratnoo

"Ga peduli dibilang pencitraan tapi aku sangat mendukung kegiatan yang baik," jelas @vikkyyudha

"INI BARU POLISI," tulis @dony.sjr1709

"Ini baru oknum," komentar @dcinobu

"MasyaAllah...oknum polisi ini baik sekali...sehat terus pak," tulis @ferry_himawan_10

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami