Inilah Tawan, Kreator Robot dari Onderdil Motor Bekas

Meskipun secara saintifik belum bisa dibuktikan fungsionalitasnya, tapi lengan bionik buatan Tawan ini patut diacungi jempol, Otolovers!

Rabu, 20 Januari 2016 16:30
I Wayan Sumardana (foto: Bali Post)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Beberapa hari belakangan beberapa situs berita dan sosial media tersentak dengan adanya sosok I Wayan Sumardana, alias Tawan, pria berusia 31 tahun asal Karangasem, Gianyar, Bali ini. Karena Tawan mampu membuat teknologi yang sebetulnya masih banyak jadi 'impian'.

Dimulai atas kondisi kelumpuhan yang dialami lengan kirinya setengah tahun yang lalu, Tawan yang harus menghidupi ketiga orang anaknya plus seorang istri, harus berjuang di tengah himpitan ekonomi yang melanda. Sementara pekerjaannya hanyalah sebagai teknisi di sebuah bengkel las.

Berbekal keterampilannya yang diperoleh dari SMA dahulu, Tawan kemudian berinisiatif 'menghidupkan' kembali sisi kiri tangannya yang didiagnosa mengalami stroke dan tidak bisa berfungsi secara normal kembali.

Tawan kemudian mengumpulkan beberapa onderdil bekas seperti bagian sepeda motor yang tak terpakai. Shock breaker yang dipergunakan untuk meredam goncangan pada sepeda motor, gear kecil dari mobil mainan juga jadi objek eksperimennya yang dinamai 'EEG' tersebut.

Onderdil-onderdil tersebut dikombinasikan dengan beberapa komponen komputer yang 'dikanibalkan' dan kemudian disesuaikan dengan struktur tubuh Tawan. Menurut Tawan, dirinya harus mensinkronisasikan gelombang pada otaknya untuk memberikan dorongan pada tangannya tersebut.

Memang secara saintifik dan teknis belum ada seseorang yang mampu membuktikan kebenaran 'bionik' milik Tawan tersebut. Tapi kalau memang berfungsi dengan menggunakan gelombang otak, spektakuler sekali ya IronMan yang satu ini!

KALAU MAU YANG INSPIRATIF LAINNYA, NIH!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami