Inilah Penjelasan Mengapa Busi NGK MR9C-9N Cocok untuk Vario

NGK Pun memberikan alasan mengapa skutik Vario memakai busi NGK tipe MR9C-9N.

Selasa, 11 Oktober 2016 15:15
Busi NGK (foto: NGK)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Busi yang standar yang digunakan untuk sepeda motor sudah disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Jadi untuk menganti busi sebaiknya perlu dikonsultasikan dengan bengkel atau teknisi berpangalam. Salah-salah pengapian motor Anda malah maksimal.

PT NGK Busi Indonesia pun membagi pengetahuan tentang busi yang digunakan pada Honda Vario. NGK Pun memberikan alasan mengapa skutik Vario memakai busi NGK tipe MR9C-9N.

"Pemilihan busi untuk digunakan pada NGK menjadi ESP atau Enhance Smart Power adalah teknologi turunan dari mesin Honda Vario atau Beat yang terkenal dengan fitur ACG dan ISS," buka Mahesa Argha Yudha, Assistant Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia.

Menurut Mahesa Argha, untuk mesin yang berkapasitas 110 cc diklaim mampu menyumbang efisiensi bahan bakar sebesar 7 persen dari versi Non ISS dan mampu berlari hingga 100 km/jam. Dari segi komponen, Honda ESP terbaru ini akan lebih awet dan ramah lingkungan, namun dibalik itu terdapat kontribusi komponen kecil yang di sematkan ke dalam ruang bakar, yaitu Busi NGK MR9C-9N yang dibuat oleh NGK Indonesia.

"Busi MR9C-9N ini adalah teknologi terbaru dari NGK yang dibuat khusus untuk menyesuaikan permintaan teknologi dari Honda yang mengusung tema ramah lingkungan. Busi MR9C-9N ini adalah generasi terbaru dari tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 dengan beberapa improvement yang disematkan kepada busi tersebut," terang Mahesa.

Fokus improvement yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efek erosi sebesar 40% pada elektroda dan diharapkan mampu bertahan pada efek oksidasi yang diakibatkan dari proses pembakaran.

Beberapa improvement yang dilakukan diantaranya material busi. Pada tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 nikel yang digunakan adalah nikel berjenis standar sehingga durability yang tercapai tidak sebagus tipe terbaru (MR9C-9N). Nikel jenis baru ini mengalami sedikit perubahan dengan memperkecil diameternya dengan harapan proses transfer kelistrikan antar elektroda bisa lebih fokus dan proses pengapian lebih sempurna.

Selanjutnya adalah penampang elektroda. Busi NGK MR9C-9N memiliki elektroda ground yang bersudut dengan bentuk semi silindris dibandingkan dengan tipe sebelumnya yaitu berbentuk kotak.

"Perubahan bentuk ini berdampak pada proses pressure atau tekanan yang terjadi pada saat busi melahirkan percikan api diantara kedua elektrodanya, sehingga api yang dihasilkan lebih efektif dalam proses penyebarannya dibandingkan dengan tipe sebelumnya," paparnya.

"Jadi kesimpulannya, busi terbaru dari NGK yang telah digunakan oleh Honda tipe ESP ini dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai pengganti dari CPR9EA-9. Dengan mengusung teknologi ramah lingkungan dan dapat menaikkan efisiensi pembakaran serta meningkatkan responsif akselarasi menjadikan sensasi tersendiri dalam berkendara," tambahnya.

Selain pada Honda Vario dan Beat, busi NGK dengan tipe MR9C-9N ini juga sudah disematkan langsung dari pabrik pada sebagian motor Honda seperti CBR 150 maupun Scoopy.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

    (kpl/nzr/fjr)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami