Inilah Hal-hal yang Dipersiapkan Klub Moge Jika Touring

Terdapat beberapa hal sebagai standar touring yang wajib dilakukan demi menjamin kenyamanan dan keselamatan anggota

Rabu, 06 November 2019 08:15
Inilah Hal-hal yang Dipersiapkan Klub Moge Jika Touring Press Conference Anak Elang Jakarta Chapter (Istimewa)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Redaksi Otosia

Otosia.com - Klub Moge HOG Touring, Anak Elang Jakarta Chapter memperkenalkan event yang akan menjadi touring penutup tahun 2019 bagi mereka. Touring akan diikuti sekitar 150 hingga 200 HOGers dan menyisipkan kegiatan amal atau bakti sosial.

Bertajuk "The 1st HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia Official Journey" perjalanan kali ini akan menjadi touring tahunan terbesar yang diselenggarakan HOG Anak Elang Jakarta Chapter. Kegiatan tersebut puncaknya akan berlangsung di Pulau Dewata Bali pada 7 Desember 2019 mendatang.

"Seperti namanya, touring kali ini adalah Official Journey kami yang pertama. Ke depannya touring ini akan menjadi mandatory touring atau perjalanan yang wajib masuk dalam agenda tahunan H.O.G.TM Anak Elang Jakarta Chapter, tentunya dengan rute yang berbeda setiap tahunnya," ujar Suherli, Director of HOG Anak Elang Jakarta.

Yang menarik adalah adanya tim pendukung yang bertugas memperlancar perjalanan. Suherli memaparkan, terdapat beberapa hal sebagai standar touring yang wajib dilakukan demi menjamin kenyamanan dan keselamatan anggotanya selama touring berlangsung.

1 dari 3 Halaman

Safety first trip management

Standar touring tersebut di antaranya, safety first trip management di mana HOG Anak Elang Jakarta Chapter selalu mengacu pada standar yang direkomendasikan oleh MSF (Motorcycle Safety Foundation) dalam merancang perjalanan. Seperti penentuan checkpoint untuk memastikan peserta selalu dalam kondisi prima dan bebas dari kelelahan (fatigue).

Kemudian disediakan reliable supporting team, untuk menambah jaminan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Tim pendukung yang mengiringi perjalan touring di antaranya patroli pengawalan (PATWAL), untuk memastikan perjalanan bisa dilalui dengan lancar tanpa menganggu pengguna jalan yang lain.

2 dari 3 Halaman

Tim Medis dan Mekanik

Selain itu, ada pula ambulance lengkap dengan tim medis (dokter dan perawat), yang tidak hanya bertugas dalam menangani korban kecelakaan, melainkan juga siap untuk memeriksa kondisi fisik peserta dan memberikan rekomendasi untuk melanjutkan perjalanan atau tidak jika dibutuhkan.

Tidak ketinggalan touring menyertakan mekanik yang siap membantu peserta yang mengalami masalah dengan motornya dalam perjalanan, lengkap dengan towing car yang siap “menggendong” motor peserta jika diperlukan.

Untuk membawa peserta yang motornya diangkut oleh towing car, backup car yang nyaman pun disediakan. Ada setidaknya masing-masing satu buah backup car, towing car dan ambulance untuk menemani satu grup yang terdiri dari maksimal 30 peserta.

“Tim pendukung lain yang tak kalah penting adalah refreshment car serta luggage car yang senantiasa membuat perjalanan touring tetap nyaman dan bebas repot,” tukas Suherli.

3 dari 3 Halaman

Touring officer

Standar lain yang kerap dijaga oleh HOG Anak Elang Jakarta Chapter, adalah penunjukan para member terpercaya untuk bertugas sebagai touring officer. Untuk menjadi officer dalam touring, HOGers harus handal dalam berkendara.

“Hal ini tidak hanya didapatkan dari pengalaman, melainkan juga dari pelatihan khusus yaitu HOG Officer Training yang berada di atas standar HDMC (Harley-Davidson Motor Company) yang secara rutin digelar,” terangnya.

Terakhir adalah tersedianya akomodasi terbaik yang diperlukan para peserta touring. Komunitas ini berusaha memilih hotel dengan rating minimal bintang 4 atau terbaik di areanya sebagai tempat menginap para peserta touringnya.

(kpl/prl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami