Inilah 6 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak

Keberadaan bahan bakar minyak (BBM) lambat laun akan habis juga. Oleh karenanya, bahan bakar alternatif non-minyak terus digalakkan untuk memenuhi kebutuhan sumber energi dunia yang terus bertambah.

Sabtu, 15 Desember 2012 10:30
Inilah 6 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Ilustrasi bahan bakar alternatif

Editor : Anton

Otosia.com - Keberadaan bahan bakar minyak (BBM) lambat laun akan habis juga. Oleh karenanya, bahan bakar alternatif non-minyak terus digalakkan untuk memenuhi kebutuhan sumber energi dunia yang terus bertambah.

Bahan bakar alternatif, sebagai sumber energi terbarukan, mulai dipakai sebagai pengganti bahan bakar konvensional yang bersumber dari fosil. Keunggulan bahan bakar alternatif adalah tak berdampak buruk terhadap lingkungan.

Sebagian produsen mobil telah mulai memproduksi mobil hybrid untuk mengurangi ketergantungan penuh pada bahan bakar minyak. Berikut akan diuraikan mengenai berbagai jenis bahan bakar alternatif.

1 dari 6 Halaman

Listrik

Listrik

Listrik berpotensi menjadi sumber energi alternatif untuk masa depan. Emisi gas buang yang dihasilkannya adalah nol alias tak ada sama sekali. Hal ini tentu saja sangat mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Mobil bertenaga listrik menjadi solusi yang menjanjikan. Namun pemakaiannya perlu didukung oleh para produsen komponen listrik.

2 dari 6 Halaman

Etanol

Etanol

Etanol atau Metanol merupakan varian dari alkohol, dan dapat dihasilkan dari gas alam atau sumber daya alam lain yang mengandung karbon. Masa depan alkohol sebagai bahan bakar alternatif cukup menjanjikan, karena memiliki tingkat polusi rendah, sehingga lebih ramah lingkungan.

Etanol juga relatif lebih murah diproduksi, meskipun sebagian masih bergantung pada cadangan gas alam.

3 dari 6 Halaman

Hidrogen

Hidrogen

Hidrogen diproduksi dengan memecah gas alam dan sumber daya lain yang sejenis. Sumber terbesar hidrogen adalah air. Ketika teknologi untuk mensintesis hidrogen dari air telah ekonomis, hidrogen berpotensi besar menjadi arus utama bahan bakar di masa depan.

Banyak penelitian masih harus dilakukan, dan penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif sangatlah potensial.

4 dari 6 Halaman

Biodiesel

Biodiesel

Biodiesel dibuat dengan mengolah dan mengekstrak energi dari berbagai macam tanaman dan sayuran. Bahan mentah untuk biodiesel amat melimpah sekaligus merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dengan emisi rendah.

Satu-satunya hambatan dalam proses produksinya adalah peralatan yang dapat mengekstrak sejumlah besar energi biomassa dari berbagai sumber.

5 dari 6 Halaman

Gas Alam

Gas Alam

Gas alam tergolong bahan bakar yang bersih. Gas alam diperoleh langsung dari alam atau hasil sampingan pengeboran minyak bumi, dan jumlahnya masih sangat besar. Gas alam dikenal memiliki emisi buang lebih rendah dibanding bensin atau solar, sehingga lebih ramah lingkungan.

Fakta juga menunjukkan gas alam mengeluarkan emisi karbon monoksidan 90% lebih rendah dibandingkan bensin atau solar.

6 dari 6 Halaman

E85

E85

E85 adalah jenis bahan bakar yang bisa digunakan sebagai alternatif bagi bensin. E85 adalah campuran etanol (85 persen) dan bensin (15 persen).

Kelemahannya, E85 kurang efisien dibandingkan dengan bensin. Dibutuhkan dua kali E85 lebih banyak dibanding bensin untuk menempuh jarak yang sama.

(kpl/bun)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami