Inikah Sedan Paling Arodimanis di Dunia?

Aerodinamika atau pergerakan udara menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan ketika mengembangkan sebuah kendaraan, tak terkecuali mobil.

Kamis, 26 Juli 2018 14:15
Foto: Twitter.com/ @MercedesBenz
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Aerodinamika atau pergerakan udara menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan ketika mengembangkan sebuah kendaraan, tak terkecuali mobil. Pasalnya, hal itu berpengaruh pada kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.

Terkait hal tersebut, baru-baru ini dikabarkan bahwa Mercedes-Benz A-Class berhasil menjadi sedan paling aerodinamis di dunia. Mengutip dari Auto.ndtv.com, koefisien drag mobil ini hanya mencapai 0,22.

Bahkan, pabrikan asal Jerman tersebut mengunggah foto ketika A-Class tengah dijuji di wind-tunnel melalui akun twitter resminya. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh CLA 180 CDI BlueEFFICIENCY, produk dari pabrikan yang sama, Mercedes-Benz dengan koefisien drag 0,23.

Tak hanya mengandalkan desain, berbagai panel Mercedes-Benz A-Class yang bisa merusak aliran udara disegel, seperti bagian di dekat headlight dan kolong mobil. Selain itu, terdapat spoiler depan belakang guna membuat aliran udara menjadi lebih halus.

Sebenarnya, ada mobil yang memiliki koefisien drag mencapai 0,19, yaitu Volkswagen XL1. Sayangnya, mobil ini tidak dianggap sebagai produk massal karena hanya dibuat sebanyak 250 unit.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami