Ini Waktu Tepat untuk Bersihkan Ruang Mesin Dengan Engine Flush

Seiring waktu, kotoran dan kerak akan tercipta di dalam ruang pembakaran mesin kendaraan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa kendaraan, bahkan berisiko menimbulkan kerusakan.

Sabtu, 28 April 2018 07:00
Foto by Hafid
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Seiring waktu, kotoran dan kerak akan tercipta di dalam ruang pembakaran mesin kendaraan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa kendaraan, bahkan berisiko menimbulkan kerusakan.

Jika sudah begini, diperlukan upaya pembersihan, salah satunya dengan menggunakan cairan kimia engine flush. Cairan ini akan mengikis kotoran atau bahkan kerak membandel yang menempel di dalam ruang mesin.

Waktu penggunaannya sendiri dilakukan saat ingin mengganti filter oli. Di mana engine flush dimasukkan ke dalam ruang mesin bercampur dengan oli, kemudian dikuras.

Pemilihan waktu di saat penggantian filter oli ini mempunyai maksud. Soalnya, apabila filter tak diganti, sirkulasi oli berisiko terhambat akibat kotoran yang menumpuk di komponen tersebut.

"Sebenarnya boleh saja digunakan setiap ganti pelumas. Hanya saja biayanya lumayan (karena harus ganti filter). Kalau mau saat waktunya ganti filter saja baru pakai engine flush," jelas Stanley Thjie, Organization Opportunity Development PT Laris Chandra selaku distributor STP di JIExpo Kemayoran, Jumat (27/04).

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/fid/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami