Ini Upaya Shell Indonesia Tekan Kecelakaan Bus

Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti bus dan truk terbilang tidak sedikit setiap tahunnya.

Selasa, 07 November 2017 19:45
Foto: Shell
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti bus dan truk terbilang tidak sedikit setiap tahunnya. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, sampai semester satu tahun 2017, tercatat 31.400 kecelakaan motor, 6.300 kecelakaan mobil, 3.600 kecelakaan truk dan 621 kecelakaan bus dengan korban rata–rata berada di usia produktif antara 15 sampai 29 tahun.

Meski angka kecelakaan bus lebih kecil dari kendaraan lain, dampak kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan bus lebih besar dibandingkan kendaraan lain. Penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih didominasi oleh kelalaian perilaku pengendara seperti gaya mengemudi yang salah, pelanggaran lalu lintas, kurangnya konsentrasi, serta pengaruh alkohol/obat-obatan dan ugal-ugalan.

Menyikapi risiko kecelakaan yang melibatkan bus, PT Shell Indonesia bersama mitranya Rosalia Indah Group, salah satu perusahaan otobus di Indonesia menyelenggarakan Safety Driving Training (Defensive & Responsible Driving Training for Bus Driver) bagi 350 pengemudi yang tergabung dalam PT Rosalia Indah Transport (Rosalia Express, Pariwisata dan PO. Rosalia Indah).



"Kemitraan dengan Rosalia ini merupakan kemitraan fleet sector pertama di Jawa Tengah. Selain dalam rangka mendukung Rosalia Indah meningkatkan aspek keselamatan mengemudi, pelatihan ini juga bermanfaat untuk menciptakan efisiensi, karena gaya mengemudi yang salah, seperti rem mendadak, dan akselerasi mendadak dapat berpengaruh terhadap kinerja mesin armada dalam hal ini pelumas dan bahan bakar serta onderdil dan ban menjadi lebih boros," ujar Kusuma Andi Farista, Regional Sales Manager Jawa Tengah, PT Shell Indonesia.

"Kami mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Shell dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan transportasi. Kami menganggap pelatihan ini sebagai investasi yang sangat penting bagi perusahaan, dan melalui kolaborasi ini, kami berharap ilmu yang telah diberikan dapat diterapkan oleh seluruh pengemudi kami, sehingga dapat meningkatkan pelayanan Rosalia Indah," timpal Eko Sumarso, Direktur Representative Rosalia Indah Group

Pelaksanaan program Safety Awareness merupakan salah satu bentuk kerja sama Shell dengan Rosalia Indah Group. Shell akan bekerja sama dengan Rosalia Indah Group dalam hal penyediaan pelumas. Melalui aktivitas ini, Shell berharap dapat semakin mengukuhkan keseriusannya dalam mendukung para pelaku usaha armada agar dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas armada mereka.

"Secara umum, Shell berharap dapat membantu pemerintah Indonesia dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya," pungkas Kusuma.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/nzr/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami