Ini Untung-Rugi Pelek Kurus Jari-Jari Buat Sepeda Motor

Belakangan, makin sering pengguna motor dengan spesifikasi mesin modifikasi ataupun kompetisi memilih pelek kurus model jari-jari.

Kamis, 04 Januari 2018 21:00
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Belakangan, makin sering pengguna motor dengan spesifikasi mesin modifikasi ataupun kompetisi memilih pelek kurus model jari-jari.

Pelek jari-jari yang juga disebut spoke rim ini punya keuntungan dan kekurangan.

Keuntungannya sendiri antara lain supaya bagian kaki- kaki lebih ringan sehingga akselerasi motor lebih meningkat.

Para mekanik balap juga lebih mudah memperbaiki jika ada kerusakan ataupun untuk melakukan setting terhadap tingkat kestabilannya.

Selain itu, fungsi pelek jari-jari juga mirip dengan ban yang merupakan pendukung suspensi agar lebih maksimal dalam peredaman.

Karena letak jari-jari yang menyebar ke banyak titik di sekujur bibir pelek, maka ia lebih fleksibel dalam menyesuaikan dan meredam kontur lintasan.

Lalu apa kekurangannya? Urusan membersihkan harus lebih ekstra sabar karena bagian jari-jari lebih banyak jumlahnya dan mempunyai banyak celah yang dapat membuat kotoran mudah masuk.

Pada motor balap road race maupun dragbike hingga adventure, pengguna wajib sering-sering periksa kondisi pelek mengingat sering berhadapan dengan kondisi yang tidak umum.

Jadi, perlu perhatikan pilihan jenis dan kualitas jari-jari, antara lain seperti produk jari-jari dengan bentuk kombinasi berbentuk pipih dan bulat seperti TDR spoke Aero Blade.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami