Ini Spesifikasi 'Selo', Mobil Listrik yang Gagal Uji Emisi

Mungkin Otolovers penasaran, bagaimana spesifikasi 'Selo', mobil listrik yang beberapa waktu belakangan jadi buah bibir. Simak sini gan!

Jum'at, 26 Juni 2015 17:15
Selo (foto: istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Setelah resmi dinyatakan tidak lolos uji emisi oleh Sarjono Turin, Kasubdit Pendidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana khusus atau Jampidsus, cukup banyak para 'petrolheads' alias pecinta dunia otomotif yang mengecam kondisi tersebut.

Menurut Jaksa Sarjono saat memeriksa salah satu dari 10 mobil yang jadi kasus korupsi proyek milik mantan menteri BUMN Dahlan Iskan tersebut tidaklah aman. Hanya mampu berjalan sampai 29 km/jam dan bisa overheat jika dikendarai lebih dari 80 km/jam.

Namun jika ditarik kembali ke belakang, terutama pasca pembuatan mobil ini, kepada awak media Kunto Wibisono selaku manager bengkel Kupu Kupu Malam sempat memaparkan seperti apa dan sejauh mana spesifikasi 'Selo' dibuat.

Selo dibangun pada tahun 2013 dan sempat mampir di IIMS 2014 sebagai salah satu produk project milik Dahlan Iskan. Mobil sport ini memiliki onderdil 70 persen produkan lokal. Bagian yang harus diimpor adalah motor listrik yang memang mahal dan berharga sampai 40 jutaan.

Kunto mengungkapkan bahwa Selo memiliki tenaga sampai dengan 182hp, atau sekitar 130 kW. Kunto juga menambahkan bahwa kecepatan mobil ini bisa mencapai maksimal 220 km/jam. Jauh di atas klaim Jaksa Sarjono yang hanya memperkirakan kecepatannya hanya 29 km/jam.

Selo sendiri memiliki kapasitas baterai yang jika diisi penuh selama 4 jam, bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 250-an km. Mobil ini menggunakan regenerative brake. Sehingga aliran listrik bisa diinterupsi selama pengereman berlangsung.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami