Ini Spesifikasi CBR250RR, Motor 2 Silinder Seramping Satu Silinder

All New Honda CBR250RR diklaim memiliki desain yang kompak di setiap bagian. Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep orisinal Honda “layered cowl”.

Rabu, 27 Juli 2016 19:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - All New Honda CBR250RR diklaim memiliki desain yang kompak di setiap bagian. Di sisi lain, tema desain "Speed Shape" hadir seiring proporsi besar di bagian depan sehingga tampil garang. 

Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep orisinal Honda "layered cowl", untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

 Kemudahan bermanuver dari motor supersports sangat dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki.  Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil.

Desain frame terbaru berstruktur pipa baja, sementara lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari aluminium yang melalui proses gravity dies casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi, tetapi tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. 

Lengan ayun dihubungkan dengan frame inti menggunakan suspensi Pro-Link. Sementara itu, suspensi depan inverted fork berukuran 37 mm dari Showa.

Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi velg dengan 7-spoke secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal.

Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang kompak menjadi dasar yang penting untuk menghadirkan model ini. 

Untuk membuat mesin yang sangat kompak, banyak teknologi yang diterapkan, seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V.  

Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama berkat teknologi tersebut.

Bagian penting lain di layout power unit adalah downdraft air intake.  Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan.  

Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang kompak, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot. 

Untuk pengendalian optimal, Honda mengimplementasikan throttle-by-wire (TBW). All New Honda CBR250RR ini merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW.  Efeknya, diklaim, akselerasi menjadi halus dan stabil sekaligus lebih presisi.

Accelerator position sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan sinyal elektrik ke ECU.  Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW, Honda memasangkan riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan, mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan.

Ulasan Menarik All-New Honda CBR250RR Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami