Ini Sebabnya Bikin Branwir dari Truk Eropa Lebih Rumit dari Jepang

Menjadikan truk Eropa sebagai basis unit pemadam kebakaran lebih rumit dan memakan waktu lama ketimbang truk-truk buatan Jepang.

Kamis, 21 Januari 2021 09:15
Ini Sebabnya Bikin Branwir dari Truk Eropa Lebih Rumit dari Jepang Unit Damkar berbasis truk Eropa Scania (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Truk pemadam adalah kendaraan yang spesial. Dengan memanfaatkan kendaraan besar sebagai alat mobilisasi, ia dijejali kelengkapan macam-macam sesuai keperluan dalam menjalankan tugas memadamkan kebakaran.

Banyak digunakan oleh pemerintahan hingga perusahaan perminyakan dan pertambangan, faktanya ada yang unik soal pilihan truk dan lama pembuatannya.

Jika truknya produksi perusahaan Jepang, maka pembuatan butuh 1 bulan. Sementara truk Eropa bisa tiga kali lebih lama.

"Kalau Jepang lebih ke manual. Kalau Eropa banyak main di elektrik," kata Heri Gunawan, Supervisor Produksi PT Pundarika Atma Semesta.

 

 

 

1 dari 3 Halaman

PT Pundarika Atma Semesta (Ayaxx) sendiri sejak 1996 telah menjadi perusahaan spesialis karoseri kendaraan pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan dari bahaya kebakaran di Indonesia.

Ia menyebutkan, pengaplikasian truk pemadam kebakaran (Damkar) untuk truk Eropa antara lain dari merek Scania, Volvo, atau Mercedes-Benz. Sementara yang truk Jepang antara lain Mitsubishi Fuso, Hino, dan Isuzu. Bikin penasaran, kenapa yang Eropa lebih lama?

Unit Damkar berbasis Hino Dutro dan Scania

"Jadi misalnya sistem pengamannya, ini yang signifikan. Jadi lebih rumit. Misalnya proses pengelasan harus ada SOP khusus. Kalau Jepang cukup lepas aki. kalau Eropa harus ikut standar. Kalau sembarangan, sistem bisa nge-blank," kata dia.

 

2 dari 3 Halaman

Untuk menjaga hal itu, maka pembuatan truk pemadam berbasis produk Eropa membutuhkan pembimbingan.

"Mereka akan kasih tahu kami SOP yang benar, baru pengerjaan. Mereka cukup kirim SOP kalau sudah selesai mereka akan lakukan pengecekan dan setting ulang," kata dia.

Setting ulang ini termasuk pencabutan batasan kecepatan. Sebab, bagaimanapun, mobil damkar haruslah melaju secepat mungkin.

 

3 dari 3 Halaman

"Biasanya kan standar speed maks 90 km/jam. Kalau speed damkar dibatasi kan enggak mungkin. Rata-rata di 110-120 km/jam," ujarnya.

Belum lagi jika truk tersebut dilengkapi dengan peralatan ekstra pompa. Semisal, ada perusahaan yang ingin truk damkar dengan kelengkapan penyemprot busa.

"Foam tender harus ada pompa foam yang khusus. Pengaplikasiannya agak lama. Kebanyakan kan pompa air. Kalau foam, pesan dulu, jadi agak lama," kata dia seraya menyebut kalau harga truk damkar Eropa bisa enam kali lipat produk Jepang.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami