Ini Salah Satu Penyebab Ban 'Kedaluwarsa'

kualitas suatu ban kadang secara presisi sulit untuk dipastikan mengingat proses produksi yang rumit dengan pengolahan bahan padat.

Kamis, 13 April 2017 20:15
Ban Radial IRC (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Pembahasan soal ban kedaluwarsa tidak melulu soal usia yang sebenarnya bisa diketahui dengan melihat angka produksi pada dinding ban.

Menurut penjelasan Yulfahmi, Dept. Head Technical Motorcycle PT Gajah Tunggal Tbk persoalan ban yang orang sebut "kedaluwarsa" sebenarnya bisa jadi salah tangkap.

Ia menjelaskan bahwa kualitas suatu ban kadang secara presisi sulit untuk dipastikan mengingat proses produksi yang rumit dengan pengolahan bahan padat.

"Kalau kita lihat giling karet, itu dengan bahan kimia, itu chambernya kan 250 kg, ada yang 500 kg. Bagaimana mereka bisa homogen ke semua part dari karet itu? Sampai sekarang teknologi yang sempurna belum ada di dunia," ujarnya.

Ia menganalogikan ketika 200 liter air masuk tong, diaduk dengan sirup, maka pasti hasilnya manis.

"Nah, ini karet, benda padat. Bahan kimianya yang dimasukkan begitu banyak, ada anti-oksidan, anti-matahari, anti-oil, segala macam. Penambahan untuk high-grip, material, tetapi bagaimana semua itu bisa tercampur keseluruhan dalam waktu 5-10 menit (proses produksi)," ujarnya menggambarkan.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami