Ini Rupa Motor Kustom yang Terinspirasi Perjalanan ke Italia

Pengalaman perjalanan ke Italia dari beberapa builder dituangkan ke 1 motor kustom unik dan bernilai seni.

Minggu, 15 September 2019 15:15
Ini Rupa Motor Kustom yang Terinspirasi Perjalanan ke Italia Motor kustom (istimewa)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Jalan-jalan ke luar negeri selain menambah pengalaman juga dapat memunculkan inspirasi baru. Ide-ide tersebut bisa dituangkan ke dalam wadah apa saja, termasuk ke sebuah sepeda motor.

Pengalaman dan ide dari luar negeri inilah kemudian yang dituangkan Abdul Syahril ke Harley Davidson FXR Tahun 1984. Tidak sia-sia, inspirasinya yang diwujudkan ke motor Harley Davidson bergaya Chopper garapannya mengantarkannya menjadi pemenang Best of The Best Suryanation Motorland di Makassar.

“Ide pembuatan ini didapatkan pada saat kami pergi bersama setelah menjadi pemenang Suryanation Motorland 2017 dan melakukan perjalanan ke Verona, Italia. Kami banyak berdiskusi mengenai ide dan juga konsep untuk membuat sebuah motor. Setelah kembali ke Indonesia akhirnya kami mulai untuk mengerjakan proyek motor ini,” ungkap Abdul Syahril.

Menurut Abdul Syahril motornya merupakan hasil kolaborasi ide dan pengerjaan bersama dengan Protechnics Motor. Kolaborasi untuk pengerjaan seluruh bidang mesin seperti cover girbox, cover rocker arm, primery cover, intake carburator dan detail lainnya dikerjakan dengan cara diukir layaknya karya seni.

1 dari 2 Halaman

Eksperimen Frame

Eksperimen Frame

Untuk proses sentuhan akhir pada cat dikerjakan oleh Danny Hacka Pinstriping. Pada motor ini dilakukan sebuah eksperimen yang membuahkan karya apik, frame model rigid diramu front end dengan model single girder dan diaplikasikan pada mesin Harley Davidson FXR. Selain menjadi motor Best of The Best, motor ini juga berhasil menjadi The Best Painting dan The Best America V-Twin di kota Makassar.

“Motor Best of The Best pada tahun ini merupakan salah satu wujud kerjasama yang luar biasa dan merupakan salah satu tujuan dari Suryanation Motorland untuk terus memberikan inspirasi kepada builder-builder Indonesia. Ketika mereka mendapatkan sebuah inspirasi akhirnya mereka mulai membuat sebuah karya yang luar biasa.” tutup Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Suryanation Motorland yang berlangsng di Area Phinisi Point, kota Makassar sendiri dibanjiri lebih dari 31.000 pengunjung. Sedikitnya ada jejeran 131 motor custom yang terdaftar di Custom Bike.

2 dari 2 Halaman

Peserta Terbanyak

Peserta Terbanyak

Jumlah peserta Custom Bike Contest Suryanation Motorland di Makassar kali ini merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan dua kota sebelumnya yaitu Medan dan Palembang. Veroland dan Dodi Chrome Cycles yang merupakan juri pada tahun ini menambahkan dari segi gaya custom juga lebih bervariatif, ini menandakan bahwa builder-builder lokal sudah semakin berani menampilkan karya terbaik mereka.

Secara keseluruhan dewan juri yang melakukan penilaian kali ini memberikan pandangan mengenai meningkatnya kualitas karya peserta pada tahun ini. Juri internasional asal Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company menambahkan dirinya sudah beberapa kali ke Indonesia dan melihat ada peningkatan kualitas dari tahun ke tahun.

Kaichiroh Kurosu menyebutkan teknologi internet bisa sangat membantu builder untuk mendapatkan referensi dalam membuat sebuah motor. Satu hal menarik yang diungkapkan oleh Kurosu pada kunjungannya kali ini adalah ia mengaku mendapatkan inspirasi dari salah satu motor milik peserta yang mengikuti kontes.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami