Ini Rahasia di Balik Cara Kerja Kipas Wiper

Kipas wiper sangat penting dalam membersihkan kaca depan mobil demi keselamatan.

Jum'at, 07 April 2017 17:45
Foto: SBF
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Bagian kaca depan dari sebuah mobil harussenantiasa bersih agar pandangan pengemudi tidak terganggu. Untuk itu pula diciptakan yang namanya wiper.

Kehadiran wiper sangat penting terutama pada musim hujan, yang mana berfungsi untuk membersihkan kaca dari guyuran air hujan, binatang-binatang kecil, serta mengurangi embun yang menempel pada kaca depan.

Pada Wiper, ada tiga pergerakan yang sering kita lihat yaitu pelan (Low Speed), cepat (High Speed) dan pelan berjangka waktu (Intermittent).

Kecepatan rendah dan tinggi wiper dikontrol dengan cara mengatur arus yang mengalir dari brush ke armatur coil. Artinya, kecepatan wiper diatur dengan cara membatasi kecepatan putaran motor wiper.

Saat arus yang mengalir pada armatur coil dari brush kecepatan rendah, akan dihasilkan gaya perlawanan elektromotive yang besar dan akibatnya motor berputar pada kecepatan rendah, sehingga jika arus yang mengalir pada armatur coil dari brush kecepatan tinggi, maka akan dihasilkan gaya balik elektromotive yang kecil, dan akibatnya motor berputar pada kecepatan tinggi.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami