Ini Perbedaan Yamaha R15 V4 Terbaru dengan Versi Indonesia

Yamaha YZF-R15 V4 terbaru baru saja meluncur di India. Apa saja perbedaannya dengan R15 V3 yang saat ini dijual di indonesia?

Senin, 27 September 2021 15:15
Ini Perbedaan Yamaha R15 V4 Terbaru dengan Versi Indonesia Yamaha YZF-R15 V4 di India (Yamaha India)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Yamaha baru saja merilis YZF-R15 V4 dan YZF-R15M di India. Perubahan pada keduanya menjadi modal kuat untuk memenangi pertempuran pada kelas 150cc yang saat ini diisi oleh Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150.

Peluncuran motor ini merupakan versi ke-4 (V4) dari Yamaha R15. Terdapat beberapa perubahan menarik dari segi tampilan maupun fitur.

 

 

1 dari 9 Halaman

Meski generasi terbaru telah luncur di India, Yamaha Indonesia masih mempertahankan R15 model lama dengan teknologi mesin yang relatif sama.

Jika basis mesin sama, apa saja perbedaan antara R15 terbaru di India dengan R15 lama yang dijual di Indonesia?

2 dari 9 Halaman

Tampilan luar

Yamaha R15 V3 di Indonesia (Yamaha)

Perbedaan paling mencolok ada pada tampilan bodinya. Yamaha R15 V4 di India sudah mengguanakan bahasa desain selayaknya motor sport R series modern dari Yamaha. Bahkan bentuknya sangat mirip dengan model YZF-R7 yang lebih dulu meluncur di Eropa bulan Mei 2021 lalu.

Artinya YZF-R15 V4 terbaru mendapatkan tampilan yang lebih sporti berkat banyaknya tarikan garis tajam dari depan sampai belakang. Fascianya dibuat serupa dengan R7 dengan penggunaan 'M-duct' atau lubang angin berbentuk huruf 'M' dan lampu projector LED di dalamnya. Sedangkan di sebelah air duct tersebut, disematkan LED positioning lights.

3 dari 9 Halaman

Yamaha R15 V4 di India juga mendapatkan suspensi upside down. Pasalnya pada saat R15 V3 masuk ke India, suspensi yang digunakan masih teleskopik.

Sementara Yamaha YZF-R15 V3 yang saat ini dijual di Indonesia tidak kalah sporti dalam segi desain, namun kurang fresh jika dibandingkan dengan penerusnya di Negeri Bolywood. Meski demikian, R15 V3 ini masih terlihat kokoh berkat fairing besar ala supersport dan penggunaan suspensi yang sudah upside down.

Untuk fitur eksterior lainnya seperti rem cakram depan dan belakang, suspensi belakang swing arm alumunium dan sasis Deltabox sama-sama ditemukan pada Yamaha YZF-R15 di India maupun di Indonesia.

4 dari 9 Halaman

Fitur baru

Fitur-fitur Yamaha R15 V4 di India (Yamaha India)

Selain banyaknya perubahan pada tampang Yamaha YZF-R15 V4, pabrikan motor asal Jepang itu menyematkan berbagai fitur baru yang lebih sering ditemukan pada motor dengan mesin lebih besar.

Pada Yamaha R15 teranyar sudah tersedia fitur quick shifter untuk upshift. Artinya pemotor tidak perlu menekan kopling dan melepas gas untuk menaikkan gigi, membuat rasa berkendara lebih nyaman dan sporti.

5 dari 9 Halaman

Di sisi lain Yamaha juga memberikan R15 V4 dual channel ABS dan Traction Control System (TCS). Peranti keselamatan yang pertama digunakan untuk mengurangi kemungkinan brake lock di mana roda berhenti berputar saat menekan rem dengan kuat. Lalu fitur modern lainnya barupa TCS, yang berguna menstabilkan motor dan mendeteksi kemungkinan terjadinya wheelspin pada ban.

Ada juga fitur side stand engine cut-off di mana penggunaan stand samping secara otomatis mematikan mesin. Perangkat ini sama seperti fitur pada motor matic pada umumnya.

Speedometer Yamaha R15 V4 (Yamaha India)

6 dari 9 Halaman

Terakhir adalah penambahan fitur di bagian speedometer. Pada varian terbaru ini, shift light sudah tidak lagi terbatas pada satu lampu, melainkan lima lampu yang menyala secara progresif dari kiri ke kanan.

Selain itu tersedia pilihan mode berkendara Track atau Street. Opsi Track memberikan informasi tentang lap time di sirkuit, dan mode Street menunjukkan informasi motor seperti kilometer, kecepatan rata-rata, suhu coolant, dan voltase aki.

 

7 dari 9 Halaman

Penambahan lain adalah peranti Yamaha Connect atau Y Connect yang terhubung dengan speedometer. Jadi pada saat ada notifikasi atau panggilan masuk di handphone (hp), akan ada lampu penanda peringatan yang menyala.

Sementara fitur seperti assist dan slipper clutch, lampu hazard, dan stang yang lebar tetap dipertahankan pada R15 lokal atau versi terbaru di India.

8 dari 9 Halaman

Performa dan harga

Yamaha R15 V4 di India (Yamaha India)

Dapur pacu yang digunakan Yamaha YZF-R15 V4 terbaru dan YZF-R15 V3 di Indonesia  sama. Keduanya masih menggunakan mesin 155 cc licuid cooled dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

Bedanya tenaga pada Yamaha R15 V4 di India mengalami penurunan performa. Sebelumnya jantung pacu bawaannya dapat menyemburkan tenaga sebesar 18.8 hp dengan torsi sebesar 14.7 Nm. Namun karena regulasi emisi baru di India, Yamaha harus mengurangi performanya menjadi 18.2 hp dan torsi 14.2 Nm.

9 dari 9 Halaman

Untuk harga Yamaha YZF-R15 V4 di India dibanderol mulai dari 167.800 Rupee atau Rp 32,4 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 193,47) hingga tipe termahal R15M Monster Energy dengan patokan harga 179.800 Rupee atau Rp Rp 34,7 juta.

Sedangkan saat ini Yamaha R15 di Indonesia dijual Rp 37,4 juta.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami