Ini Penyebab Valentino Rossi Melempem di MotoGP Qatar 2021

Start dari posisi ke-4, Valentino Rossi malah melorot hingga finis di urutan ke-12. Ternyata ini penyebabnya

Senin, 29 Maret 2021 13:15
Ini Penyebab Valentino Rossi Melempem di MotoGP Qatar 2021 Valentino Rossi (Instagram/@valeyellow46)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Ajang MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Losail selesai digelar Senin (29/3/2021) dini hari tadi. Seri pembuka ini menandai era baru bagi Valentino Rossi bersama Petronas Yamaha SRT.

Sebenarnya, rider berjuluk The Doctor itu tampil cukup apik dengan mampu start dari posisi ke-4. Namun saat balapan, performanya benar-benar melempem. Lantas apa sebenarnya biang kerok dari hal itu?

 

1 dari 3 Halaman

Melansir Crash.net, berlabuh di tim baru nyatanya Rossi masih dihantui masalah yang sama, yakni ban belakang motor. Tekanan ban belakang yang berlebihan adalah masalah yang sering ia hadapi di musim terakhirnya bersama tim pabrikan Yamaha. Dan rupanya masalah ini masih ia hadapi di tim barunya sekarang.

Tekanan ban belakang yang berlebihan adalah masalah yang sering dihadapi Rossi selama musim terakhirnya di tim pabrikan Yamaha dan pada hari Minggu itu menyebabkan dia memudar kembali ke posisi kedua belas.

"Kami berharap lebih pasti, terutama setelah kualifikasi kemarin, tetapi dalam balapan saya sangat kesulitan karena setelah beberapa lap saya mengalami masalah dengan ban,” jelas Rossi," terang Rossi.

2 dari 3 Halaman

Sebenarnya Rossi sendiri cukup yakin bisa menampilkan yang terbaik, karena suhu di sirkuit cukup dingin. Namun hal itu tidak begitu membantunya. Rossi tetap kesulitan dengan ban belakangnya dan posisinya terus melorot hingga finis di tempat ke-12.

"Ini juga terjadi pada hari Jumat. Kami mencoba melakukan sesuatu tetapi sayangnya kami tidak memperbaiki masalah tersebut. Entah kenapa kami terlalu stres pada ban belakang dan sepertinya ban belakang mulai kehilangan performa dan grip, jadi setelah beberapa lap Saya tidak cukup cepat," kata Rossi

"Kami berharap hari ini kami tidak mengalami banyak masalah karena suhunya sedikit lebih dingin, tetapi sayangnya perasaannya sama dan balapannya sulit. Saya berjuang keras. Saya kehilangan banyak posisi," imbuhnya lagi.

3 dari 3 Halaman

Rossi sendiri saat balapan menggunakan ban jenis soft compound. Ia dan timnya lebih memilih ban ini karena sebelumnya saat menggunakan ban hard compound tak begitu cepat.

Alih-alih mencapai performa terbaik, menggunakan ban soft compound tetap mendapatkan masalah yang sama. Dan Rossi pun tak mampu bersaing di posisi terdepan.

"Kemarin kami mencoba di bagian belakang yang keras karena pada hari Jumat kami mengalami masalah dengan yang lembut, tetapi dengan yang keras kami tidak cukup cepat. Jadi kami memutuskan untuk balapan dengan yang lembut. Tetapi kami menghadapi masalah yang sama meskipun suhu kurang hari ini," kata Rossi.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami