Ini Pengemudi Mobil Pertama yang Catat Kecepatan 100 km/jam

Siapakah pengemudi mobil pertama yang catatkan kecepatan 100 km/jam di dunia?

Sabtu, 22 Agustus 2020 08:15
Ini Pengemudi Mobil Pertama yang Catat Kecepatan 100 km/jam Mobil La Jamais Contente (patentlyinteresting.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Di awal pengembangannya, mobil tidak memiliki kecepatan hingga ratusan kilometer per jam. Benz Patent-Motorwagen yang merupakan kendaraan pertama bertenaga bensin di dunia pun tercatat hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 16 km/jam.

Lantas mobil apa dan siapakah pengemudi pertama yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam?

 

 

1 dari 2 Halaman

Dilansir dari Caradvice, orang pertama yang mampu mencapai kecepatan hingga 100 km/jam adalah Camille Jenatzy. Orang Belgia tersebut  mencatatkan 105,882 km/jam pada tahun 1899 silam.

Mobil yang ia kendarai waktu itu adalah La Jamais Contente (The Never Satisfied). Menariknya, ini merupakan mobil milik Camille Jenatzy sendiri yang memang dirancang khusus.

2 dari 2 Halaman

Memang mobil ini benar-benar diciptakan untuk kecepatan. Tengok saja desainnya yang sangat mirip torpedo. Bedanya, La Jamais Contente bisa dikemudikan. Di bawahnya sendiri ada sasis terbuka beserta keempat roda.

Terkait spesifikasi mesin, La Jamais Contente menggunakan dua motor listrik Postel-Vinay 25 kW yang masing-masing menghasilkan daya 124 A. Dari dapur pacu itu, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 hp.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami