Ini Pabrikan Mobil Pertama yang Memakai Lampu Sein Berkedip

Belum banyak tahu, ini pabrikan mobil pertama yang memakai lampu sein modern

Rabu, 26 Agustus 2020 16:15
Ini Pabrikan Mobil Pertama yang Memakai Lampu Sein Berkedip Buick lansiran 1938 (volocars.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Lampu sein sejauh ini memang kerap menjadi polemik. Pasalnya banyak di antara pengendara yang menggunakannya tidak sesuai keguaan. 

Biasanya hal seperti ini sering ditemuai pada emak-emak pengendara motor. Mereka menyalakan lampu sein ke kiri, tetapi malah berbelok ke kanan. Sontak saja pengendara di belakangnya bingung dan emosi.

Terkait lampu sein, tahukan Otolovers siapa penemunya dan pabrikan mobil apa yang pertama kali menggunakan? Melansir dari Thenewswheel, berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 2 Halaman

Sejarah Awal Lampu Sein

Lampu sein pertama kali ditemukan oleh seorang aktris Hollywood, Florence Lawrence pada tahun 1914 silam. Wanita ini menggunakan sistem bendera di bumper yang bisa dinaik turunkan.

Hanya saja ciptaannya tersebut tidak dipatenkan. Namun sebenarnya ibu dari Lawrence sudah berusaha mematenkan temuan anaknya itu, akan tetapi terlambat. Sebab ada perusahaan lain yang mengaku telah memiliki desain serupa.

Kemudian barulah pada tahun 1925, Edgar A. Walz berhasil mematenkan hak paten dari lampu sein berkedip. Lalu, ia pun berusaha untuk memasarkannya ke produsen mobil.

2 dari 2 Halaman

Pabrikan Mobil Pertama

Lampu sein berkedip pertama digunakan oleh Buick lansiran 1938. Indikator ini merupakan fitur keselamatan baru dan satu-satunya inovasi di era itu.

Meski begitu, lampu sein berkedip ini tetap memiliki beberapa kekurangan. Seperti lampu sein menyala tanpa pengemudi sadari.

Perlu diketahui juga, di kala itu Buick mengiklankan lampu sein dengan tagline "Flash-Way Directional Signal".

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami