Ini Mobil-mobil Pertama Merek Jepang yang Masuk Indonesia

Mobil apa yang pertama kali mengaspal di Indonesia dari brand-brand asal Jepang?

Jum'at, 07 Agustus 2020 16:15
Ini Mobil-mobil Pertama Merek Jepang yang Masuk Indonesia Honda T360 (Instagram/@okasirasan)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Era 60-an ke belakang jalanan Indonesia disesaki oleh mobil-mobil dari Amerika dan Eropa. Merek-merek terkenal, seperti Pontiac, Ford, Chevrolet, dan Mercedes-Benz cukup populer di masa itu.

Namun perlahan merek-merek mobil asal Jepang mulai hadir dan menggeser brand-brand tadi. Di kala itu Toyota dan kawan-kawan masuk melalui importir umum.

Menilik hal tersebut, lantas mobil apa yang pertama kali mengaspal di Indonesia dari brand-brand asal Jepang? Berikut ini sederet ulasannya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 5 Halaman

1. Mazda

Facebook/Periuk Gandar Golong

Di awal 60-an, Mazda turut hadir di Indonesia dengan menghadirkan mobil seri B600. Saking populernya, minibus ini bahkan mendapat julukan dari masyarakat, yakni Mazda Kotak Sabun.

Mazda B600 masuk ke Indonesia melalui importir umum dan ketika itu banyak digunakan sebagai kendaraan dinas pegawai negeri sipil (PNS).

2 dari 5 Halaman

2. Honda

Honda T360 (Instagram/@okasirasan)

Honda pun demikian, pabrikan tersebut meluncurkan mobil pertamanya di Indonesia pada tahun 1963 dengan menghadirkan pikap Honda T360.

Pikap ini pun memiliki desain cukup unik, sebab mesin ditempatkan di bawah jok kemudi. Sedangkan bagian depan digunakan untuk meletakkan ban serep.

3 dari 5 Halaman

3. Toyota

(drive.com.au)

Terkait mobil pertama yang masuk ke Indonesia, Toyota hadir dengan model sedan, yakni Toyota Tiara. Kendaraan roda empat tersebut dikirim dari Thailand oleh AH Budi (pendiri Nasmoco) pada tahun 1961.

Sebanyak tujuh unit Toyota Tiara masuk ke Tanah Air di masa itu secara semi knock down (SKD).

4 dari 5 Halaman

4. Daihatsu

Instagram/@rozeki

Daihatsu pertama kali hadir di Indonesia dengan model Hijet. Seri S37 menjadi awal kiprah pabrikan tersebut. Hanya saja mobil ini merupakan pemberian pemerintah Jepang untuk penanggulangan gunung meletus pada 1972.

Setahun kemudian atau 1973, barulah Daihatsu Hijet S38 hadir untuk dijual secara massal.

5 dari 5 Halaman

5. Suzuki

Otosia.com

Terakhir adalah Suzuki. Merek asal Jepang tersebut hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 1978 dengan produk pertamanya adalah ST20 Carry.

Kendaraan ini di masanya banyak digunakan sebagai angkutan kota (angkot) dan mendapat julukan "turungtung". Hal ini karena mesin dari Suzuki ST20 Carry memiliki bunyi seperti itu.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami