Ini Lho Penyebab Jalan jadi Licin saat Baru Turun Hujan

Saat hujan baru saja turun, seringkali terlihat kendaraan-kendaraan roda dua yang terjatuh.

Jum'at, 10 Januari 2020 11:15
Ini Lho Penyebab Jalan jadi Licin saat Baru Turun Hujan Berkendara saat hujan (OnDrive.in)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Banyak pengendara yang mudah terpeleset saat hujan baru saja turun. Terutama para pengendara roda dua. Apalagi cuaca cukup panas sebelum hujan turun.

Hal itu lantaran permukaan aspal yang menjadi sangat licin saat pertama hujan turun. Sekalipun hujan tak terlalu deras. Mengapa begitu?

Menurut laman Wahana Honda, jalanan beraspal dilalui banyak kendaraan setiap hari. Saat itu, mungkin saja ada kendaraan yang meneteskan oli atau hasil buang mesin kendaraan lainnya.

1 dari 1 Halaman

Selain itu ditambah juga dngan kotoran pasir dan debu yang menumpuk di atas permukaan aspal. Kotoran-kotoran itu akan mengendam dan masuk ke dalam pori-pori aspal.

Saat hujan turun untuk pertama kalinya, kotoran-kotoran itu kemudian akan terangkat ke permukaan aspal oleh air. Lapisan paling luar aspal akan tertutup oleh oli dan debu yang terangkat oleh air hujan.

Kondisi itu kemudian membuat ban mudah selip karena kurangnya daya gesek roda dan aspal. Jika pengendara melakukan manuver tiba-tiba atau mengerem sedikit dalam, akan memicu selip. Hal itulah yang membuat para pengendara mudah terjatuh.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami