Ini Dia Salesman Motor Suzuki Terbaik di Indonesia

Penjualan sepedan motor rupanya tak hanya soal seperti apa produk itu sendiri. Supaya target penjualan motor tercapai, ada peran seorang sales dalam penjualan itu.

Minggu, 03 Maret 2019 14:15
Suzuki Sales Competition 2019 (Istimewa)
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mendongkrak penjualan sepeda motor bukan hanya soal meningkatkan kualitas produk itu sendiri. Tapi juga bagaimana para promotor atau salesnya bisa mempersuasi calon konsumen.

Nah, untuk meningkatkan kemampuan para salesnya, Suzuki menggelar kompetisi. PT Suzuki Indomobil Sales 2W menganggap cara ini cukup berhasil untuk mencapai target.

Lewat ajang Salesman Competition 2019 yang digelar belum lama ini, Suzuki menjaring 83 peserta terpilih yang berasal dari 30 jaringan di Indonesia untuk berkompetisi di Jakarta untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Sebelumnya 83 orang Salesman Senior, Junior dan Salescounter yang lolos ke babak grand final telah melalui babak penyisihan dua periode, Juli-September 2018 dan Oktober-Desember 2018. Sebanyak 3 Salesman Senior, 3 Salesman Junior dan 2 Salescounter yang mencapai data penjualan terbaik terpilih mewakili setiap region penjualan Suzuki Motor.

Setelah melalui proses persaingan ketat, akhirnya pemenang kategori Salesman Senior dimenangi Indra Aristiawan dari Indo Sunmotor Gemilang Pekalongan, dan juara kategori Salesman Junior disandang Koderi dari Indo Sunmotor Gemilang Purwokerto, serta Christian Rondonuwu dari Sinar Galesong Mandiri Manado menjadi yang terbaik di kategori Salescounter.

"Berada di dalam ajang kompetisi ini membuat saya mengingat pengalaman Saya pribadi sekitar 20 tahun lalu, dimana saat itu Saya masih menjadi seorang Salesman seperti rekan-rekan peserta Suzuki Salesman Competition ini. Berkat kegigihan, semangat dan konsistensi di bidang penjualan Suzuki inilah, jalan karir Saya bisa menggapai posisi seperti saat ini," kata President Director SIS, Seiji Itayama.

Para juara di kategorinya ini sebelumnya diseleksi melalui tiga tes. Pertama, mengerjakan soal ujian tertulis mengenai produk-produk Suzuki. Selanjutnya, 25 peserta terbaik dipilih untuk mengikuti interview mengenai keunggulan dan proses pembelian produk Suzuki yang dinilai oleh para Sales & Marketing 2W Section Head yang menjadi juri.

Selanjutnya 13 peserta yang berhasil memperoleh poin tertinggi berhak lanjut mengikuti tes terakhir yaitu role play, dimana peserta diminta untuk mempresentasikan pemaparan produk Suzuki NEX II dengan metode LPSP (Lima Posisi Sudut Pandang) kepada calon pembeli.

Poin-poin utama yang dinilai antara lain bagaimana para peserta bisa menjelaskan tentang product knowledge, product advantage dan transaction process.

Khusus pada tes terakhir tersebut, peserta langsung menghadapi dan diuji oleh Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W.

SUDAH BACA INI BELUM?

    (kpl/nzr/tys)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami