Ini Dia Kendaraan Kepolisian Uni Eropa untuk Menghalau Huru-hara

Mobile dan kuat, dianggap efektif untuk menghalau massa dengan jumlah besar.

Senin, 15 Mei 2017 10:15
Bozena Riot (foto: Bozena)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Penggunaan kawat berduri, barikade dan sebagainya memang masih banyak berlaku di seluruh dunia dalam rangka menghalau demonstrasi yang bersifat anarkis. Tak sedikit pula yang mempergunakan skuad anjing K9 untuk menghalau para demonstran.

Namun semakin kemari, semakin dirasakan bahwa keberadaan hal-hal tersebut harus mulai dikurangi. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat (atau kendaraan) yang lebih bisa terautomatisasi demi mengurangi dampak fisik dan jiwa pada baik demonstran dan petugas polisi.

Bahkan salah satu perusahaan asal Slovakia, yakni Bozena resmi merilis kendaraan khusus untuk kepolisian yang dipergunakan untuk mengatasi kekacauan. Bozena yang menamai kendaraan dengan nama yang sama tersebut merupakan kendaraan remote yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Salah satu fungsinya adalah untuk mengurangi kontak fisik oleh demonstran dan petugas polisi. Seperti yang terjadi jika masih menggunakan kawat berduri misalkan. Bozena menggunakan barikade logam yang bisa selebar hingga 8 meter dan bertinggi 3 meter.

Selain itu, Bozena juga diperlengkap dengan peralatan seperti slot untuk melewatkan senjata pelontar serta pemadam kebakaran berupa ekstinguisher di bagian atas Bozena. Simak dulu videonya, Otolovers!

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami