Ini Dia Daftar 8 SUV yang 'Paling...'

Mulai dari yang paling murah, mewah hingga yang paling nyeleneh. Ini dia 8 SUV yang sering jadi 'parameter'. Simak Gengs!

Selasa, 11 April 2017 12:15
Ini Dia Daftar 8 SUV yang 'Paling...' Mobil SUV (foto: istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil SUV terhitung pada tahun 2015 prestasi penjualannya makin besar, bahkan hingga tahun 2017 ini penjualan SUV masih meninggi. Terbukti dengan banyaknya provider otomotif yang menjual mobil SUV dan menurunnya minat masyarakat terhadap sedan.

Kurva peningkatan tersebut mengimbangi keberadaan SUV yang mengiringi jargon "Orang kaya beli sedan, tapi orang mapan beli SUV". Walhasil semakin banyak-lah SUV yang diproduksi dan menyasar tak cuma orang-orang menengah ke atas, namun juga menengah ke bawah untuk kepentingan yang tak sedikit.

Dari situ, redaksi Otosia mencoba untuk melakukan dan mengumpulkan data tentang SUV yang dijadikan standart. Baik secara ukuran, secara performa maupun secara bentuk. Dan 8 SUV yang di sebutkan dalam daftar merupakan SUV yang masih aktif dan bisa dibeli dengan harga resmi pasaran.

1 dari 8 Halaman

Paling Mahal

Paling Mahal

Bentley Bentayga bertanggung jawab atas keberadaan masyarakat yang menginginkan SUV yang tak cuma mahal namun berkelas. Setidaknya sampai Lamborghini Urus dan Hummer belum mengeluarkan produk yang lebih mahal, Bentayga masih memiliki banderol paling tinggi di dunia untuk mobil SUV di beberapa kelas.

Tak tanggung-tanggung, beberapa sumber menyebutkan bahwa banderol dari Bentayga bisa sama persis dengan mobil berkelas supercar. Bentayga dengan mesin 6 liter berdayakuda hingga 600hp ini bisa dihargai hingga US$ 300.000 atau sekitar RP 4 miliar lebih.

2 dari 8 Halaman

Paling Murah

Paling Murah

Dibalik kemewahan yang dipunyai oleh Bentley Bentayga, Jeep Patriot Sport ternyata bisa menjelma jadi mobil SUV paling murah. Setidaknya dengan banderol resmi dari Jeep yang bisa berubah-ubah sesuai dengan pajak yang dimiliki oleh suatu negara.

 

Tapi murah, bukan berarti murahan. Karena Autobytel yang menuliskan harga Jeep Patriot Sport hanya sekitar US$ 17.695 atau Rp 250 jutaan ini ternyata dilengkapi dengan banyak fitur, seperti ABS, mesin 2 liter dengan tenaga 158hp, dan cruise control.

3 dari 8 Halaman

Paling Laris

Paling Laris

Tak bisa dielakkan, SUV yang paling laris di seluruh dunia bukanlah Ford, Volkswagen, atau produk dari Amerika dan Eropa lainnya. Melainkan produk dari Negeri Samurai, Honda CR-V yang bahkan saudara mudanya, HR-V belum bisa melampaui penjualan CR-V dalam setahun.

Mobil CRV dalam tahun 2016 yang lalu mencatatkan rekor penjualan hingga 765 ribu unit. Lebih tinggi daripada Toyota RAV yang jika diakumulasikan bisa mencapai 711 ribu unit tersebar di seluruh dunia. Pabrikan besar BMW atau Mercy masih harus angkat topi terhadap penjualan SUV Honda dan Toyota.

4 dari 8 Halaman

Paling Kecil

Paling Kecil

Para pecinta mobil klasik pasti tak akan lupa dengan satu mobil gagah nan mungil yang satu ini, sering disebut Jimny Jangkrik, Suzuki Jimny LJ80V adalah mobil SUV namun berukuran Kei Car alias mobil mini karena keperluan sport-nya, namun tetap menggunakan ukuran sasis dan body yang kecil.

Populer di sekitaran tahun 1990an bahkan hingga saat ini, Suzuki Jimny yang di beberapa tempat juga disebut 'Kotrek' memiliki mesin kecil 800cc dengan menggunakan 3 silinder untuk beroperasi. Panjangnya saja hanya 3.170 mm, bahkan jauh lebih kecil daripada Nissan March yang kecil.

5 dari 8 Halaman

Paling Irit

Paling Irit

Mengingat SUV, berarti si pemiliknya harus siap untuk rogoh kocek lebih dalam, karena konsumsi bahan bakar SUV yang tak murah dan tak sedikit. Rasio bahan bakarnya tak bisa dibandingkan dengan mobil hatchback misal, yang ekstra irit.

Tapi Renault Duster sepertinya bisa menampik itu semua karena rasio bahan bakarnya bahkan bisa mengimbangi salah satu mobil teririt di Indonesia yakni Mitsubishi Mirage. Renault Duster punya rasio konsumsi bahan bakar bahkan mencapai 25 km/liter bahan bakar dengan oktan 90.

6 dari 8 Halaman

Paling Tua

Paling Tua

Jeep punya sejarah panjang jika dibandingkan dengan Ford misalnya. Willys 1950 adalah salah satu yang paling tua untuk ukuran mobil SUV. Mobil ini sudah dipergunakan saat perang Korea yang berakhir pada 1953, diproduksi mulai 1950 dan 1952.

 

Willys M38 sendiri di Indonesia kebanyakan masih menggunakan setir kiri, dan sering dimiliki oleh para modifikator dan kolektor. Sering dipergunakan untuk sesi foto dan pernikahan. Selain itu, mobil ini juga masih tangguh terutama jika dipergunakan di medan berat sekalipun.

7 dari 8 Halaman

Paling Kencang

Paling Kencang

Tak ada yang menyangsikan Range Rover dan kolega untuk memroduksi mobil dengan level kemewahan yang baik. Tapi mobil SUV agak jarang jika diidentikkan dengan kecepatan tinggi dan performa dahsyat dorongan mesinnya. Namun Range Rover Sport SVR membalikkan itu semua.

Mobil Range Rover keluaran 2016 ini dimodali dengan mesin bertenaga hingga 550 daya kuda, sedikit saja di bawah Bentley Bentayga yang sayangnya untuk performa masih kalah gara-gara bobot body. Range Rover Sport SVR bisa mencapai akselerasi 100 km/jam dalam waktu 4,7 detik saja!

8 dari 8 Halaman

Paling Aneh

Paling Aneh

Entah aneh didefinisikan sebagai jelek, unik, tak biasa atau yang lainnya silakan Otolovers terjemahkan sendiri. Tapi Nissan Juke punya segalanya untuk disebut berbeda dengan mobil SUV yang seukuran. Bahkan Juke sendiri tetap bersikukuh dengan desain Juke yang sudah bertahan mulai 2009 yang lalu.

Nissan Juke sudah berkali-kali diberikan modifikasi dan membuatnya jadi lebih menarik supaya tetap laku. Bisa dibilang Nissan Juke ini adalah duriannya dunia otomtofi. Orang yang sudah benci tak akan suka pada Juke, dan yang terlanjur suka pada Juke akan jadi harcore fans-nya!

(kpl/fjr)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami