Ini Daftar Mobil MPV Bekas Nissan Seharga Datsun GO+ CVT

Ada 2 mobil MPV bekas Nissan yang kini harganya sudah setara Datsun GO+ CVT baru, sekitar Rp130-150 jutaan.

Kamis, 18 April 2019 16:45
Datsun GO+ CVT (Datsun Indonesia)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu pilihan mobil baru dengan harga Rp130-15 jutaan ialah Datsun GO+ CVT. Namun, alternatifnya lebih bervariasi jika dibelikan mobil MPV bekas keluaran Nissan. Selain itu, mengutip dari Oto.com, kelas yang diperoleh lebih tinggi dan tentu fiturnya lebih melimpah.

Grand Livina CVT 2017

Pilihan pertama jatuh pada Nissan Grand Livina CVT 2017. Selain usianya yang masih tergolong muda, fitur serta wajahnya pun tak memiliki kesan murahan. Mobil yang kami maksud merupakan generasi terakhir sebelum rupanya berubah total di 2019. Pada laman situs jual beli mobil, rentang harga yang kami temukan berada di angka Rp 115 - Rp160 jutaan. Murah sekali untuk ukuran MPV tahun 2017.

Pesaing Toyota Avanza ini, juga memiliki fitur dan desain yang menurut kami jauh lebih menarik ketimbang rivalnya. Terbagi dalam empat varian, SV, XV, HWS, HWS Autech, dan terakhir X-Gear. Masing-masing varian memiliki perbedaan aksesori eksterior maupun interior, beserta fitur di dalamnya.

Paling mudah dibedakan dari rodanya. Pelek alloy dengan ukuran ban 185/65 R15 tertanam di varian SV, XV, HWS. Sedangkan untuk tipe X-Gear dan Autech berukuran 195/60 R16.

Ruang kabin dibedakan dalam dua pilihan warna. Laburan hitam untuk tipe HWS Autech dan X-Gear, sedangkan kombinasi Black-Beige diberikan pada tipe SV, XV dan HWS. Semuanya sudah dilengkapi jok berbahan kulit. Untuk fitur hiburan, masing-masing dipasangkan head unit yang bisa memutar DVD, Radio, USB dan tambahan monitor 10 inci di atap baris kedua.

Dari segi keamanan, dual SRS Airbag menjadi standar di setiap trimnya. Sedangkan untuk sistem pengereman ABS+EBD+BA dan sensor parkir, baru tersedia pada tipe XV ke atas. Khusus varian HWS, ada tambahan kamera mundur yang memudahkan saat memarkirkan kendaraan.

Karena Nissan sudah menghilangkan pilihan mesin 1.8 liter, untuk generasi ini ditanamkan mesin HR15DE. Artinya, berkubikasi 1.5-liter empat silinder segaris DOHC. Teknologi dual injector dan VCT baru, membuatnya mampu menyemburkan tenaga sebesar 109PS dan torsi 143Nm. Selain itu, diklaim lebih efisien dalam mengonsumsi BBM. Sebetulnya Grand Livina masih menyediakan pilihan transmisi manual, namun tak ada salahnya menjajal teknologi Xtronic CVT baru yang dikenal sangat nyaman.

Mengingat usianya yang baru dua tahun, Anda bisa memilih mobil ini tanpa harus khawatir banyak kerusakan. Jika pemiliknya menggunakan dengan wajar, usia komponen seharusnya masih memiliki durasi cukup panjang hingga ke titik waktu peremajaan. Tapi tetap saja, harus teliti dalam memilih mobil bekas.

Serena 2012

Nissan Serena merupakan MPV medium dengan segudang fitur pemanja. Secara kelas, ia berada jauh di atas kedua mobil tadi. Pada masanya, Serena C24 menjadi sebuah kendaraan yang cukup mahal. Tapi usianya yang menua, membuat banderolnya terdepresiasi. Pembahasan kali ini dikerucutkan pada generasi terakhir keluaran 2012. Pada situs jual beli mobil bekas, kami menemukannya di rentang harga Rp 97 â€" Rp 145juta. Tergantung trim level yang dipilih (CT, HWS, dan HWS Two Tone).

Kami sarankan, ambil tipe HWS. Untuk membedakannya, bisa langsung melihatnya dari eksterior. Tipe tertinggi ini memiliki grille dan garnish chrome pada kap mesin. Tepat di bawahnya, bagian bumper sudah dipasangkan foglamp. Lalu pelek menggunakan model berpalang banyak, yang juga menjadi salah satu identitasnya. Nah, untuk versi two-tone, perbedaan hanya tersimak pada kombinasi kelir. Sisanya sama persis.

Beranjak ke interior, kemewahan tipe HWS dapat dilihat dari penggunaan jok kulit dan aksen panel kayu di sekeliling mobil. Selain itu, terdapat meja lipat di baris kedua, serta gorden di setiap sisi kaca penumpang.

Urusan sistem hiburan, sebetulnya varian CT dan HWS mengandalkan head unit yang sama (Layar 7 inci). Perbedaannya, HWS memiliki tambahan dua monitor di belakang, kamera mundur dan dapat menangkap siaran TV.

Satu lagi yang menjadi fitur penting, pintu geser sebelah kiri dioperasikan secara elektrik dari tombol maupun remote. Semua hal ini tak bisa didapatkan pada varian CT. Cukup kentara kan? Maklum, saat masih baru selisih harganya hampir Rp 50juta.

Mengenai jantung pacu, semua varian dibekali mesin yang sama. Berkode QR20DE, dengan kubikasi 2.0 liter empat silinder segaris. Produksi tenaganya mampu mencapai angka 147 PS dan torsi 198 Nm. Untuk menyalurkannya ke roda depan, transmisi otomatis konvensional dioperasikan melalui tuas di kiri kemudi.

Ketimbang Grand Livina, usianya memang sudah cukup tua. Tapi urusan kenyamanan, fitur dan kelas, mobil ini masih sangat layak dibeli. Satu hal yang perlu diingat, mobil seusianya sudah perlu diremajakan mulai dari sektor mesin, kaki-kaki, maupun beberapa komponen elektrik. Saat mencari unitnya, sebisa mungkin teliti agar mendapatkan mobil dengan kondisi prima.

Bagi Otolovers yang tak ingin mengambil risiko, Grand Livina 2017 bisa menjadi solusi lantaran usianya masih 2 tahun dengan asumsi kerusakannya belum terlalu banyak. Namun, jika yang ingin merasakan medium MPV, Nissan Serena 2012 layak dipinang. Jangan lupa menyiapkan dana untuk membuat mobil tersebut lebih segar.

Sumber: Oto.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami