Ini Ciri-ciri Mobil yang Butuh Diservis Ketika Jarang Digunakan

Ketika mobil jarang digunakan, bisa saja akan timbulkan kerusakan di sana-sini. Ada ciri-ciri kerusakan yang mengharuskan pemilik untuk melakukan servis berkala ke mobilnya. Berikut ciri-ciri tersebut

Rabu, 10 Juni 2020 14:15
Ini Ciri-ciri Mobil yang Butuh Diservis Ketika Jarang Digunakan Ilustrasi servis mobil (caradvice.com.au)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Selama pandemi Corona (COVID-19) dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kendaraan jarang digunakan. Hanya satu dua kali untuk keperluan beli kebutuhan pokok.

Nah, tentu ketika mobil jarang digunakan, bisa saja akan timbulkan kerusakan di sana-sini. Ada ciri-ciri kerusakan yang mengharuskan pemilik untuk melakukan servis berkala ke mobilnya. Berikut ciri-ciri tersebut dilansir dari Instagram @toyotaid (9/6).

1 dari 3 Halaman

Mobil Sulit Dinyalakan

Ciri-ciri pertama ada pada bagian aki. Ketika mobil jarang digunakan dalam jangka waktu yang lama, bisa saja aki mobil rusak dan menyebabkan arus kelistrikan terganggu.

Akibatnya jelas, mobil akan sulit dinyalakan. Jika pun bisa, ancaman mogok di tengah jalan dapat terjadi kapanpun.

2 dari 3 Halaman

Suara Mesin Kasar

Ketika mobil jarang digunakan berkendara bisa saja lapisan oli menipis dan itu menyebabkan suara mesin menjadi kasar.

Oleh karenanya, Otolovers harus segera lakukan servis berkala agar hal tadi tak buat kerusakan makin parah dan mempengaruhi kinerja komponen-komponen lainnya.

3 dari 3 Halaman

Rem Macet

Terakhir, mobil harus segera masuk bengkel ketika rem macet. Kondisi ini terjadi akibat kanvas rem menempel pada piringan rem dalam jangka waktu yang lama.

Tips untuk menghindari hal ini adalah tidak menggunakan rem tangan ketika parkirkan mobil di garasi. Bisa manfaatkan batu atau kayu agar roda mobil benar-benar berhenti sempurna.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami