Ini Caranya Supaya Bisa Punya SPBU Shell

Bukan cuma milik Shell, mereka pun menawarkan program kemitraan Dealer Own Dealer Operate (DODO)

Selasa, 29 Agustus 2017 09:36
Wahyu Indrawanto (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Sejak pembukaan pertama tahun 2005, jaringan SPBU Shell di Indonesia kini telah mencapai lebih dari 80 SPBU di Jabodetabek, Bandung dan Sumatra Utara.

Bukan cuma milik Shell, mereka pun menawarkan program kemitraan Dealer Own Dealer Operate (DODO), yang artinya mitra membangun dan mengoperasikan SPBU dengan produk berkualitas dan standar pelayanan Shell.

Lalu bagaimana caranya supaya bisa punya SPBU Shell? Wahyu Indrawanto, Direktur Ritel PT Shell Indonesia dan Cluster General Manager Ritel Indonesia, Singapura, Hong Kong, kemudian memberikan penjelasan.

"Pada dasarnya, kami punya program DODO dan CODO (Company Own Dealer Operate). Di CODO, Shell yang mempunyai lahan dan membangun SPBU, tetapi mitra kami yang mengoperasikannya. Itu dari 80 SPBU, 78 dari CODO, dua dari DODO," ujarnya.

Untuk DODO, menurut Wahyu, mitra biasanya sudah punya tanahnya, kemudian membangun SPBU, lalu mitra tersebut juga yang mengoperasikannya, bukan Shell.

"Yang kami berikan kepada mereka kemudian tentunya adalah support, dan standar, pelatihan, produknya juga dari Shell, apakah itu BBM, pelumas, serta (jaminan) dari sisi pelanggan tidak bisa membedakan CODO dan DODO karena yang penting konsumen mendapatkan kualitas produk dan pengalaman yang sama," kata dia.

Persyaratan untuk ikut dalam program DODO sendiri sudah tersedia di situs Shell. Soal wilayah, mereka mengaku fokus di tiga wilayah tersebut.

"Namun mudah-mudahan kami bisa memperluas jaringan kami," tambah Wahyu Indrawanto.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/nzr/fjr)
TAGS :
SHELL,   SPBU
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami