Ini Cara Porsche Bikin Velg Karbon Rajut Enteng buat 911

Pemilik Porsche 911 Turbo S Exclusive Series dapat tawaran baru berupa velg berbahan serat karbon yang disebut lebih enteng 20 persen dari yang standar, tetapi juga lebih kuat 20 persen.

Jum'at, 25 Agustus 2017 22:15
Foto: Porsche
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Pemilik Porsche 911 Turbo S Exclusive Series dapat tawaran baru berupa velg berbahan serat karbon yang disebut lebih enteng 20 persen dari yang standar, tetapi juga lebih kuat 20 persen.

Pabrikan Jerman tersebut bahkan membeberkan bagaimana mereka membuat velg yang serat karbonnya menggunakan sistem rajut itu.

"Velg ini diproduksi seluruhnya dari Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP), dan pada dasarnya terdiri dari dua komponen. Pertama, bagian tengah velg terbuat dari serat karbon. Hal ini melibatkan pemotongan dan perakitan lebih dari 200 komponen individual," ujar pihak Porsche.

Komponen kedua yang digunakan adalah rim base yang terbuat dari carbon fibre yang dirajut (braided) dengan carbon fibre braiding machine terbesar di dunia dengan diameter sekitar sembilan meter.

Bagian tengah velg kemudian dirajut ke rim base. Velg yang lalu dirakit, kemudian dipadatkan dengan resin dan dikeraskan dalam tekanan dan suhu yang tinggi.

Jika velg sudah keras, proses selanjutnya adalah pendinginan dengan durasi yang lama.

Centre lock kemudian dimasukkan ke dalam velg yang sudah jadi, dan dilindungi dengan vernis bening.

News Menarik Aksesori Motor Lainnya

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami