Ini Bedanya Bangun Motor Custom AS, Eropa, dan Jepang

Adakakh perbedaan mendasar dari model kustom dari beberapa negara tersebut?

Minggu, 29 September 2019 08:34
Ini Bedanya Bangun Motor Custom AS, Eropa, dan Jepang Ilustrasi Motor Kustom di Suryanation Motorland 2019 (Nazarudin Ray)

Editor : Redaksi Otosia
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Custom sepeda motor makin hari makin banyak referensi. Pilihan bahannya pun tersedia, baik motor Eropa, Amerika seperti Harley Davidson, dan tentu saja motor-motor Jepang.  

Tapi adakah perbedaan mendasar di antara tiga motor yang dibedakan berdasarkan asal wilayahnya ini?  

Juri Suryanation Motorland 2019, Dodi Irhas dari Dodi Chrome Cycles memberikan gambaran.  

"Sekarang motor apa pun bisa aja. Ada yang garap motor custom dengan motor Jepang hasilnya bagus-bagus aja," kata dia.   Hanya, bagaimanapun sosok masing-masing motor sudah punya karakter yang akhirnya membentuk pakem.  

"Tapi memang kebanyakan misalnya kalau dia motor Jepang gayanya akan ke cafe racer misalnya. Kalau dia motor klasik Eropa atau mungkin motor Harley (Amerika) biasanya dia jadi chopper atau bobber," ujarnya.  

 

 

 

1 dari 2 Halaman

Karakter Masing-masing

Karakter Masing-masing

Intinya kembali lagi pada arah gaya dan kemahiran dalam penggarapan, sekalipun jika kita mengandalkan bahan motor secara basic, ada aspek yang tidak maksimal.  

"Misalnya dia punya Yamaha Scorpio, terus dia mau bangun jadi chopper. Jatuhnya nanti maksain. Di sini ada yang bangun, hasilnya sih proporsional. Ya paling jadi terlihat kurang maksimal aja," kata dia.  

Dodi sendiri tengah memberikan penilaian pada ajang Suryanation Motorland Battle 2019 yang kali ini dihelat di Denpasar Bali setelah berlangsung di 3 kota sebelumnya yaitu Medan, Palembang dan Makassar.  

2 dari 2 Halaman

Tentang Suryanation Motorland 2019

Tentang Suryanation Motorland 2019

Di seri keempat ini, Suryanation Motorland Battle kembali hadir sebagai sebuah wadah bagi berkumpulnya penggiat roda dua dan dunia custom yang memiliki konten acara penuh inspirasi seperti Custom Bike Contest, Games, Booth Apparel dan juga F&B.

Selain itu, di dalam area acara Suryanation Motorland akan menampilkan beberapa konten seperti freestyle show, pertunjukan live dari artworker, dan pertunjukan musik. Untuk booth artworkers akan ada booth dari Freeflow, Never Too Lavish dan Petrichor Tattoo.

Custom bike contest tahun ini menghadirkan berbagai kelas untuk kategori dibawah 250cc (U250cc) dan diatas 250cc (A250cc) antara lain adalah: Kelas Chopper / Bobber U250cc, Scrambler / Tracker U250cc, Cafe Racer U250cc, Street Cub / Choppy Cub U250cc, Sport FFA, Chopper / Bobber A250cc, Scrambler / Tracker A250cc.

Ada pula Free For All (FFA), Exhibition Class yang terbagi menjadi Classic Bikes, Classic Scooter, Matic Custom, Moto-Art: Pinstripe dan Lettering, Best American V Twin, Best Mini Bike, Best Painting dan Recognition Awards (Suryanation Committee Pick, Media Pick dan Judges Pick).

Motor-motor yang mengikuti kontes akan dinilai oleh dewan juri yang pada tahun ini akan diwakili oleh Veroland (Kickass Choppers - Jakarta) dan Dodi Irhas (Dodi Chrome Cycles - Jakarta) dan juga juri tamu yang juga merupakan salah satu builder internasional asal Taiwan yaitu Winston Yeh dari Rough Crafts.

(kpl/nzr/red)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami