Ini Alasan Renault Setia dengan Mesin 1.000 cc

Ada beberapa penyebab Renault tidak memasangkan mesin 1.200 cc dan 1.500 cc di city car serta MPV keluarannya.

Selasa, 26 Mei 2020 12:45
Ini Alasan Renault Setia dengan Mesin 1.000 cc Mesin 1.000 cc Renault Triber (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Kapasitas mesin menjadi salah satu faktor yang diperhatikan saat seseorang akan membeli mobil. Pasalnya, hal ini berpengaruh pada performa dan konsumsi bahan bakarnya.

Tak jarang yang menyebut bahwa mesin 3-silinder 1.000 cc pada Renault Triber dan juga Renault Kwid terlalu kecil. Wajar saja, rival keduanya mengusung dapur pacu 4-silinder inline 1.200 cc, atau bahkan 1.500 cc.

 

 

1 dari 2 Halaman

Renault Triber

Meski demikian, Renault tetap setia dengan mesinnya yang berkapasitas 1.000 cc. Performa dapur pacu tersebut secara angka hanya menghasilkan 68 ps dan torsi 91 Nm. Terkait hal tersebut, Davy J Tuilan, COO MRI pun angkat bicara.

"Mesin 1.000 cc itu pada dasarnya sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan penggunaan kendaraan di Indonesia secara normal. Kami juga sempat menguji Renault Triber ke jalanan menanjak di Subang Jawa Barat dengan kapasitas 7 penumpang, beratnya sekitar 500 kg di dalam mobil," terang Davy.

2 dari 2 Halaman

Renault Kwid Climber

Davy pun menyebut bahwa kesadaran serta pengetahuan pengguna kendaraan bermotor di Indonesia, terkait emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar akan semakin tinggi. Karena itu, mesin 1.000 cc bisa memenuhi aspek-aspek tersebut.

"Pengembangannya Renault Global pun akan lebih ke arah 1.000 cc. Tapi, untuk membuat mobil yang lebih dinamis, bagi yang suka tenaga besar, tinggal ditambahkan turbocharger, tapi kapasitasnya tetap 1.000 cc," tutupnya.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami