Ini Alasan Mengapa Jumlah Baut Pelek Mobil Tidak Sama

Setiap mobil memiliki jumlah baut-baut pengencang yang berbeda-beda. Namun perbedaan jumlah baut tersebut ada maksudnya tersendiri.

Rabu, 18 Agustus 2021 11:15
Ini Alasan Mengapa Jumlah Baut Pelek Mobil Tidak Sama Pelek dengan 5 baut (Istimewa)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Pelek berfungsi sebagai dudukan ban pada kendaraan dan merupakan bagian terpenting karena menyangkut keselamatan berkendara. Karena itu pelek roda harus kuat menopang beban kendaraan. Tapi ternyata setiap mobil memiliki jumlah baut-baut pengencang yang berbeda-beda.

Melansir zigwheels.co.id, jumlah baut roda yang tidak sama bukan karena dipengaruhi berat mobil semata, namun sangat terkait erat dengan performa. Inilah yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jumlah baut roda. 

1 dari 2 Halaman

Begitu juga dengan Pitch Circle Diameter (PCD) atau diameter lingkar posisi baut. Setiap pelek kendaraan dapat berbeda. Misalnya PCD 4 x 100mm, ini artinya ada 4 baut diposisikan dengan diameter 100mm. Ukuran tersebut biasanya ditentukan oleh masing-masing pabrikan.

PCD berhubungan erat dengan pergerakan kendaraan karena distribusi berat dapat berubah dan roda harus mampu menopang perubahan tersebut. Jadi PCD tiap mobil perlu disesuaikan dengan berat, tipe, serta performa mobil.

2 dari 2 Halaman

Contohnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan mesin 1.500cc-nya. Keduanya menampung 7 penumpang dan  sama-sama memiliki PCD 4 x 114.3 mm.

Meski di segmen yang sama, Avanza dan Xenia memiliki perbedaan PCD dengan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang memiliki lima baut roda karena punya bodi dan bobot lebih besar.

Karena itu ketika ingin merubah atau menganti pelek mobil perlu memperhatikan ukuran dan jumlah PCD bawaan mobil. Jika tidak, maka roda akan sulit terpasang dan tidak dapat berputar optimal.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami