Ingin Motormu Jadi Scrambler, Ganti Beberapa Part Ini

Aliran scrambler menjadi pilihan beberapa orang dalam mengubah motornya. Beberapa bagian ini perlu diubah untuk menciptakan scrambler.

Rabu, 21 Februari 2018 17:45
Ilustrasi : baakmotocyclettes
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Sebagian orang tidak pernah merasa puas dengan sepeda motor yang ia miliki. Jawaban dari permasalahan tersebut adalah modifikasi.

Tak hanya keinginan, modifikasi kadang juga dilakukan untuk menambah kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu aliran yang tengah menjadi tren adalah model scrambler.

Selain karena tampilannya yang gagah, kemampuan motor beraliran scrambler untuk melintasi medan on-road dan off-road menjadi alasan orang-orang memilih model ini. Karena mampu berjalan di 'dua alam', pemilihan ban menjadi penting untuk tetap menunjang keamanan dan kenyamanan.

Ban yang digunakan cendurung bertipikal datar dan memiliki corak layaknya pada motor trail. Yang membedakan dengan motor trail adalah ukuran tonjolan pada ban scrambler cenderung lebih besar dan tidak sedalam pada motor garuk tanah. Biasanya, ukuran yang dipilih berkisar di angkan 100/80 sampai 160/70. Ukuran ini dapat disesuaikan dengan lebar fork atau segitiga suspensi depan dan swing arm serta performa motor.

Kamu juga bisa memasang suspensi upside-down berdiameter besar di bagian depan. Suspensi teleskopik juga bisa menjadi pilihan untuk menimbulkan kesan retro. Kaki belakang bisa menggunakan dual suspension atau pun mono-shock. Biasanya, untuk menghemat biaya, suspensi tetap dibiarkan seperti aslinya.

Ground clearance juga perlu diubah untuk menunjang kemampuan motor saat melibas medan off-road. Biasanya stang diganti lebih lebar atau bisa juga menggunakan model fat-bar. Tak lupa panelmeter diganti dengan bentuk bulat supaya lebih berkesan retro.

Yang cukup beresiko adalah pemotongan rangka pada bagian belakang. Hal ini dilakukan untuk mengganti bagian belakang dengan besi lengkung dan berbentuk seperti buntut tawon. Jok juga diubah menjadi lebih tipis dengan jahitan membujur.

Posisi knalpot scrambler lebih tinggi dari sepeda motor pada umumnya, namun tidak sampai persis di bawah jok layaknya motor trail.Tapi tak sedikit orang yang hanya melakukan penggantian muffler dengan alasan tidak nyaman.

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami