Ingin Buat SIM Baru, Ini Caranya

Untuk mendapatkan SIM ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa berkas yang harus dibawa serta mengikuti tes untuk memastikan kamu boleh berkendara.

Jum'at, 23 Februari 2018 14:15
Foto : instagram.com/polrestulungagung
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Surat izin Mengemudi (SIM) menjadi syarat mutlak jika ingin mengemudi kendaraan bermotor. Dikeluarkannya dokumen ini bertujuan untuk menguji kelayakan seseorang sebelum berkendara di jalan raya.

Untuk mendapatkan SIM ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa berkas yang harus dibawa serta mengikuti tes untuk memastikan kamu boleh berkendara. Bukan untuk mempersulit, tes SIM dibuat untuk memberitahukan berbagai hal yang boleh dilakukan dan dilarang saat berada di jalan raya.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @polrestulungagung, dijelaskan ada 5 tahapan sebelum SIM ada di tangan.

Pertama adalah pendaftaran. Calon pemilik SIM harus mengisi formulir terkait data diri. Kemudian dilanjutkan dengan proses identifikasi sidik jari, tanda tangan, dan foto yang nantinya akan tertera pada SIM

Setelah semua kelengkapan administrasi terpenuhi, pendaftar akan dihadapkan pada dua jenis tes, yaitu ujian teori dan ujian praktek. Dalam ujian teori akan disajikan beberapa soal terkait aturan lalu lintas, sedangkan pada ujian praktek, pendaftar akan dinilai kepiawaiannya dalam berkendara.

Jika dinyatakan lulus dari kedua ujian tersebut. Pemiliki SIM harus membayar PNBP kepada pihak kepolisian. Setelah semuanya selesai, barulah kita bisa menerima SIM.

ARTIKEL INI JUGA MENARIK, OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami