Ingin Beli Ban Mobil? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Ban menjadi komponen yang cukup penting pada sebuah kendaraan baik sepeda motor, mobil ataupun truk dan bus.

Jum'at, 18 Mei 2018 08:15
Ilustrasi: Insurance Office Ltd
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Ban menjadi komponen yang cukup penting pada sebuah kendaraan baik sepeda motor, mobil ataupun truk dan bus. Karena itulah perlu dilakukan pemeriksaan, perawatan, dan penggantian secara berkala untuk mencegah timbulnya masalah.

Sebab, jika ban mengalami masalah tentunya hal tidak menguntungkan seperti kecelakaan bukan tak mungkin terjadi.

Selain itu, beberapa penyebab kecelakaan juga kerap terjadi lantaran sang sopir atau pemilik mobil menyepelekan kondisi ban yang digunakan.

Terlebih seperti saat ini, perawatan dan pengecekan ban harus dilakukan, karena kendaraan Anda bukan tak mungkin akan digunakan untuk mudik Lebaran nanti.

Seperti dilansir situs resmi ban Goodyear, memilih ban yang tepat ada beberapa hal yang harus diperhatikan, tergantung kendaraan, cara mengemudi dan bagaimana kondisi jalan yang Anda akan lalui. Mengutip dari Liputan6.com, berikut penjelasannya:

Cara Mengemudi

Selalu pertimbangkan gaya Anda mengemudi saat memilih ban. Jika sering melakukan perjalanan jauh, pilih ban yang bisa membantu Anda menghemat pemakaian BBM tentu bisa dipertimbangkan.

Sebaliknya jika gaya menyetir sporty bisa aja seperti ngebut, coba pilih ban yang mampu mencengkeram saat menikung. Melakukan evaluasi atas karakter performa ban akan mendukung kebutuhan dan gaya Anda berkendara.

Jenis Mobil yang Anda Kendarai

Ban OE (original equipment) adalah ban yang tertempel di kendaraan saat keluar dari pabrik perakitan mobil. Ketika memilih ban OE, manufaktur mobil biasanya memilih satu dari serangkaian banyak penawaran.

Seringkali juga ada rekomendasi untuk penggantian ban dalam buku petunjuk kendaraan. Anda bisa saja tetap mengganti ban sebagaimana OE awal, tetapi mempertimbangkan ban dengan fitur lain juga layak dicoba.

Ketersediaan Dana

Bila memungkinkan sampaikan berapa lama Anda menggunakan ban sebelum penggantian atau berapa banyak BBM bisa dihemat, tentu akan sangat membantu dealer mencarikan ban yang tepat, apakah itu yang hemat BBM atau lebih awet.

Sumber: Liputan6.com

TIPS BERGUNA LAINNYA, GENGS!

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami