Ingin Awet, Begini Cara Rawat Ban Premium

Performa mobil premium tak akan maksimal tanpa dukungan ban yang tepat. Tapi, penggunaan ban yang berkualitas tinggi juga tak akan bermanfaat tanpa adanya perawatan yang baik

Rabu, 14 Maret 2018 23:15
Ilustrasi Ban Premium
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Performa mobil premium tak akan maksimal tanpa dukungan ban yang tepat. Tapi, penggunaan ban yang berkualitas tinggi juga tak akan bermanfaat tanpa adanya perawatan yang baik. Lantas bagaimana cara merawat ban performa untuk mobil premium yang berbanderol tak murah ini?

"Paling penting itu tekanan angin. Saya sarankan paling lambat 2 minggu sekali diperiksa," jelas Eddy Thandian selaku pemilik AutoPlus.

Penggunaan gas nitrogen juga menjadi salah satu cara untuk merawat ban premium agar tetap prima. Soalnya mengisi ban dengan gas nitrogen memiliki banyak keuntungan. Tak hanya membuat ban tetap dingin meski terus bergesekan dengan jalan, nitrogen juga mencegah korosi akibat minimnya kelembapan internal.

Perawatan selanjutnya adalah melakukan rotasi ban dan balancing dengan interval jarak 5 ribu kilometer. Perlakuan ini tak hanya bertujuan menjaga keseimbangan permukaan ban, namun juga performa agar tetap prima.

"Tiap 10 ribu kilometer sebaiknya lakukan spooring. Tapi itu kalau kondisi tidak ada keluhan ya. Karena penggunaan dan kondisi jalan kan berbeda-beda. Kalau ada keluhan bisa lebih cepat dari itu," tutup Eddy. 

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/fid/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami