Industri Modifikasi Mobil Indonesia Dobrak Jepang

Selain industri komponen motor custom Indonesia mendapat perhatian mancanegara, barang-batang aftermarket Indonesia untuk roda empat juga mendapat tempat di pecinta modifikasi Jepang.

Rabu, 23 Januari 2019 16 : 45 WIB
Ilustrasi mobil modifikasi (teamkgsr.com)
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Selain industri komponen motor custom Indonesia mendapat perhatian mancanegara, barang-batang aftermarket Indonesia untuk roda empat juga mendapat tempat di pecinta modifikasi Jepang.

Bahkan beberapa produk aftermarket mobil Indonesia sudah diakui di Negeri Matahari Terbit. Jepang sendiri sangat ketat terhadap kualitas barang impor yang masuk.

Salah satu pintu masuk industri aftermasket Indonesia masuk ke Jepang adalah lewat Osaka Automesse (OAM) yang dihelat setiap tahun di gedung Intex Osaka, Jepang. Tahun lalu pelaku industri modifikasi mobil Indonesia ambil bagian dalam pameran ini, termasuk pada tahun ini yang akan berlangsung 9-11 Februari di tempat yang sama.

Menurut Andre Mulyadi, founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) beberapa produk aftermarket asli Indonesia akan ikut serta berpameran di OAM. Nantinya brand-brand ini secara efektif akan berjualan sekaligus memperkenalkan mereknya pasar Jepang. Di antaranya adalah KARMA Body Kit, spesialis lampu custom motor, suspensi udara Air Pride, dan juga cover mobil custom BitelBlack.

Tahun lalu yang cukup mendapat perhatian adalah body kit buatan kita, yang tahun lalau membawa kesuksesan. Kita tidak membawa mobil modifikasi tahun ini. Namun tahun ini kita fokus dengan tidak banyak membawa brand, hanya beberapa produk tertentu, kata Andre.

Jumpa pers NMAA (NMAA)

Osaka Automesse, sendiri akan menjadi mercusuar bisnis merek-merek aftermarket Indonesia yang berpartisipasi. Sebagai salah satu kiblat modifikasi dunia, Jepang memiliki kontrol kualitas yang tinggi terhadap sebuah produk aftermarket.

Artinya jika produk aftermarket Indonesia diterima pasar Jepang berarti kualitasnya diakui. Kesempatan menaikkan kuantitas penjualan di dalam negeri serta peningkatan ekspor produk lokal pun menjadi lebih besar," jelas Andre

Sementara itu sebagai dukungan terhadap industri modifikasi dan aftermarket Tanah Air, Indonesia Modification Expo (IIMX) akan memfasilitasi beberapa produk kreatif asal Indonesia di Osaka Automesse 2019 melalui gerakan Great of Indonesia tahun kedua

Setelah sukses dengan raihan positif dalam penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) tahun lalu, National Modificator & Aftermarket Association akan kembali menghelat pameran modifikasi terbesar di Tanah Air tersebut pada 28-29 September 2019 mendatang di Balai Kartini, Jakarta.

Sebagai flagship event untuk NMAA, IMX didukung penuh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, karena dianggap sebagai pintu gerbang kemajuan industri modifikasi dan aftermarket Indonesia. Targetnya adalah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, sekaligus mampu membawa produk-produk asli Tanah Air bersaing di kancah internasional.

Karena itu setiap tahunnya IMX akan selalu memberikan tema berbeda dan berusaha membesarkan skala, agar semua pelaku modifikasi dan aftermarket Indonesia bisa ambil bagian di dalamnya.

"Indonesia Modification Expo 2019 akan membawa tema "The Power of Collaboration", arena kami sangat yakin setiap kolaborasi yang dibuat di IMX akan jadi gebrakan besar untuk industri modifikasi dan aftermarket. Di mana IMX 2019 akan menjadi satu-satunya expo kreatif antar platform tersebut," kata Andre.

Sebagai rangkaian pre-event IMX, NMAA akan kembali menjalankan gerakan Great of Indonesia seperti tahun sebelumnya. Great of Indonesia merupakan gerakan untuk memperkenalkan produk-produk aftermarket Indonesia ke kancah internasional melalui pameran-pameran modifikasi di luar negeri, seperti di event Osaka Automesse, Jepang.

(kpl/nzr/ahm)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami