Indonesia Urutan Kelima dari 1,2 Juta Korban Meninggal karena Kecelakaan

Dari sekian banyak negara di dunia, Indonesia nomor lima bro! Tapi dalam kategori korban kecelakaan fatal tertinggi!

Kamis, 05 Februari 2015 08:45
Ilustrasi kecelakaan mobil
Editor : Sony

Otosia.com - Kecelakaan di seluruh dunia telah menyebabkan kematian hingga satu juta orang lebih, menurut data yang dihimpun kepolisian sampai tahun 2014 lalu. Dari jumlah tersebut, Indonesia ternyata menduduki peringkat kelima dari seluruh dunia.

"Data statistik dari kepolisian, yang kita ambil pada 2014 lalu. Negara kita ada di tempat kelima tertinggi dalam kecelakaan lalu lintas," kata Nugroho Respati, instruktur mengemudi bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dalam hal ini posisi Indonesia berada di bawah Benua Afrika yang kini memuncaki daftar wilayah terparah dalam statistik kecelakaan lalu lintas di dunia. Nugroho menambahkan bahwa hingga tahun ini, sudah 1.240.000 orang meninggal di jalan raya.

"Ranking satu di Benua Afrika. Di seluruh dunia, itu 1.240.000 orang meninggal di jalan raya," ujarnya.

Nugroho menyampaikan informasi ini dalam acara penggalangan gerakan ecodrive. Ia yang menjadi pembicara bersama pebalap Rifat Sungkar melihat perlunya berkendara secara aman mengingat padatnya jumlah penduduk dan kendaraan di Indonesia.

Ecodriving sendiri merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan. Tidak hanya demi keselamatan, tetapi juga bertujuan menghemat energi, mengurangi polusi, memperpanjang usia kendaraan, dan lebih jauh mengurangi risiko kecelakaan.

(kpl/why/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami