Indonesia Tak Lama Lagi Bisa Ekspor Moge

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata yakin dengan perkembangan pasar sepeda motor 250 cc di Indonesia. Lebih jauh, tidak menutup kemungkinan bahwa motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar akan diproduksi pula di Indonesia.

Selasa, 08 Juli 2014 15:30
Indonesia bisa ekspor moge (Ilustrasi foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata yakin dengan perkembangan pasar sepeda motor 250 cc di Indonesia. Lebih jauh, tidak menutup kemungkinan bahwa motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar akan diproduksi pula di Indonesia.

Jika pasar 250 cc produksi Indonesia sedang berkembang dan mencakup tujuan ekspor, maka bukan halangan bagi motor ber-cc di atasnya untuk mendapat perlakuan yang sama. Ditanya kapan Indonesia bisa ekspor moge, Gunadi yakin bahwa itu akan terjadi tak lama lagi.

"Kapan Indonesia bisa ekspor di atas 250 cc? Saya kira tidak lama lagi, kalau kita mempunyai kebijakan yang tepat. Nah, ini yang harus kita upayakan. Tidak lama karena semua infrastrukturnya ada," ujarnya merujuk bahwa kemampuan dalam memproduksi motor ber-cc besar sudah menjadi pembelajaran bagi produsen yang berkutat di dalam negeri.

Moge buatan dalam negeri bukan sekali ini menjadi perbincangan. Pada masa kemunculan Kawasaki Ninja RR Mono, perwakilan produsen ini sudah memberikan gambaran bahwa Indonesia punya kans untuk hal itu, menilik pada sisi lain kenaikan pajak barang mewah yang sudah mulai berlaku.

"PPnBM pemerintah ini kan untuk adjustm

ent kalau kita bilang. Nah, pasarnya kita kan tujuannya memang ke cc besar," ujar Freddyanto Basuki, Dept Head of Public Relation Kawasaki Motor Indonesia.

Thailand menjadi salah satu basis produksi moge Kawasaki untuk Indonesia. Hal ini memberi dampak pada harga mengingat motor tersebut didatangkan secara utuh (CBU).

"Itu kan mahal karena kita CBU. Nah kalau rakit di sini? Tidak menutup kemungkinan jika Kiyama San (Shigehiko Kiyama, President of Kawasaki Heavy Industries Motorcycle & Engine) melihat pasar yang besar di Indonesia...."

BERITA UNIK DAN MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami