Indonesia Krisis Mobil Transmisi Otomatis?

Kabar kurang sedap terendus terkait mobil bertransmisi otomatis. Kabar tersebut salah satunya terdengar dari PT Astra Daihatsu Motor.

Senin, 24 Juni 2019 19:15
Indonesia Krisis Mobil Transmisi Otomatis? Ilustrasi mobil transmisi otomatis Daihatsu Sigra (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kabar kurang sedap terendus terkait mobil bertransmisi otomatis. Kabar tersebut salah satunya terdengar dari PT Astra Daihatsu Motor.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, berujar bahwa permintaan mobil transmisi otomatis untuk Terios dan juga model-model lainnya saat ini tidak sesuai dengan stok yang tersedia.

Ia bahkan berujar, krisis ini bukan hanya di Indonesia, bukan pula Asia, tetapi di banyak wilayah di dunia.

"Yang masih parah itu yang automatic karena pasar otomotif dunia sedang naik," ujar Amelia Tjandra di sela-sela Ekspedisi Terios 7 Wonders di Kuching, Serawak, Malaysia, kemarin (23/6).

1 dari 1 Halaman

Penyebab

Penyebab

Menurut dia, sumber dari produksi transmisi otomatis tersebut berada di Jepang. Sayangnya, kapasitas produksi mereka sedang tidak memadai.

"Pabrik (transmisi automatic)-nya ada di Jepang. Semua brand pakai supplier itu. Permintaan melebihi kapasitas. Mereka sedang tingkatkan. Diperkirakan sampai tahun ini, untuk automatic, (produsen) masih akan kesulitan memenuhi permintaan demand dunia," kata dia.

Mobil transmisi otomatis sendiri saat ini sudah menjadi andalan pengendara di perkotaan di tengah problem macet. Sebab, kendaraan transmisi matic lebih minimal dalam urusan pengoperasian karena menyingkirkan fungsi kontrol kopling via pedal kaki.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami