Indonesia Jangan Hanya Beli, tetapi Juga Ekspor Sepeda Motor

Penjualan Yamaha R25 dan R15 serta Ninja RR Mono menjadi satu vitamin baru bagi Indonesia untuk bukan hanya menjadi negara pembeli, tetapi bahkan produsen dan pengekspor.

Selasa, 22 Juli 2014 12:15
Motor sport yang dijual di Indonesia (Foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Penjualan Yamaha R25 dan R15 serta Ninja RR Mono menjadi satu vitamin baru bagi Indonesia untuk bukan hanya menjadi negara pembeli, tetapi bahkan produsen dan pengekspor.

Ini dilihat dari pasar Indonesia yang cukup besar sehingga memungkinkannya sebagai basis produksi untuk sejumlah merek sepeda motor.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan bahwa ia yakin pengembangannya bisa terus didorong untuk makin sering dilakukan di dalam negeri.

"Memang kita melihat pasar Indonesia jangan hanya dijadikan pasar. Pasar Indonesia juga dijadikan tempat basis karena volumenya gede. Development bisa dilakukan di sini. Ekspor, apalagi. Saya percaya, dengan volume yang besar ini, itu merupakan dasar bahwa kita mengangkat daya saing kita," ujarnya.

Prospek sepeda motor berkapasitas 250 cc sudah menjadi satu bahan yang siap untuk dikembangkan. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sendiri mengaku sudah mengarahkan kepada pemerintah, dalam hal ini sejumlah kementerian terkait, untuk melihat perkembangannya.

Perkembangan lebih jauh untuk produksi motor ini pun bisa mengandalkan para pekerja Indonesia yang notabene berupah lebih murah dibanding negara produsen motor sejenis.

Untuk berkembang lebih jauh, Indonesia pun punya senjata lain, yakni maraknya industri komponen dalam negeri.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/nzr/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami