Indonensia Bikin Baterai Litium, PCX Hybrid Bisa Pakai?

Indonesia sudah menapaki industri baterai untuk kendaraan listrik setelah PT Pertamina (Persero) menggarapnya bersama Universitas Sebelas Maret.

Selasa, 17 Juli 2018 19:45
Foto by Paultan
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Otosia.com - Indonesia sudah menapaki industri baterai untuk kendaraan listrik setelah PT Pertamina (Persero) menggarapnya bersama Universitas Sebelas Maret.

Hal tersebut menjadi pertanda bahwa Indonesia siap dibanjiri kendaraan berbasis elektrik sekalipun masih menunggu regulasi yang akan berpengaruh pada harga jual kendaraannya.

Sejumlah produsen mobil sudah memperkenalkan dan menjual kendaraan semacam ini, dan berbasis hybrid. Untuk sepeda motor, Astra Honda Motor baru saja resmi memasarkan PCX Hybrid.

PCX Hybrid sendiri sudah memiliki baterai litium yang disediakan Honda. Lalu apakah baterai seperti buatan Pertamina dan Universitas Sebelas Maret itu juga bisa dipakai nantinya?

"(Yang untuk PCX Hybrid) itu kan bukan cuma baterai doang. Di dalamnya juga ada elektroniknya," kata Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

Ia kemudian memberikan penjelasan bahwa baterai tersebut bersifat khusus. Sistem elektronik di dalamnya punya peran tersendiri.

"Punya yang lain, enggak bisa pasti (dipakaikan di PCX Hybrid) karena kan mereka modul bacanya enggak punya," ujarnya.

SUDAH BACA INI BELUM?

 (kpl/why/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami