Impian Sejak Kecil Berwujud Modifikasi Hot Rod Coupe 1934

Impian sejak kecil untuk memiliki kendaraan bergaya Hot Rod Coupe akhirnya kesampaian juga bagi George King.

Rabu, 13 Januari 2016 10:15
Hot Rod (foto: George King)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mempercayakan proses modifikasi kepada bengkel The Forge, mobil hot rod coupe 1934 impian George dibangun dari awal.

"George datang ke bengkel kami meminta dibuatkan mobil impian masa kecilnya. Awal ceritanya, Ia yang sejak kecil sudah menyukai mobil hot rod bersama sang ayah sedang mampir ke pom bensin. Di saat itu lah Ia melihat mobil hot rod coupe 1934. Baginya itu adalah mobil hot rod sebenarnya, jadi kami wujudkan impiannya dengan menambahkan beberapa teknologi terbaru," ucap Josh Allison dari The Forge melalui surat elektronik.

Dalam memodifikasinya, Josh mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 18 bulan, dimana prosesnya dimulai dari rangka. Pembuatannya cukup rumit, bagian depan dibuat meruncing sehingga nantinya mesin akan tampak seperti keluar dari bodi. Sedangkan di bagian belakang dibuat melebar kemudian membulat sehingga terkesan vintage.

Setelah rangka berhasil dibuat, Winters quick change rear end (gardan belakang) dan poros penggerak roda di depan diaplikasikan. Hal ini menyebabkan tampilan agresif dengan konsep low stance.

"Setelah itu, kami mulai memasangkan mesin 392 Hemi tahun 1953 dan menyambungkan dengan komponen penggerak lainnya," jelasnya.

Di sinilah kesan hot rod benar-benar didapat. Dimana mesin yang berukuran besar tampak keluar dari bodi depan.

Setelah memasang mesin, barulah kaki-kaki disematkan. Untuk bagian belakang, Josh mengaku menggunakan coil over. Tentunya hal ini ditujukan untuk mendapatkan tampilan 'ceper' yang bisa diatur ketinggiannya. Sedangkan di bagian depan memakai shock breaker conventional bersama dropped axel untuk mendapatkan tampilan vintage.

Meski tampil sebagai mobil jadul, penyematan teknologi terbaru wajib dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, sistem pengereman hot rod ini menggunakan disk brake di bagian depan dan tromol di belakang.

Proses dilatkan dengan pemasangan bodi. Bodi depan atau rumah mesin memiliki profile panjang dengan 6 titik yang menonjol. Sedangkan bagian tengah, atap mobi dengan profile louver (bolong-bolong) disematkan, begitu pula pintu bagasi belakang.

"Sisanya tinggal memasang tutup tangki bensin kustom, tangki bensin kustom dan kustom dudukan plat nomor. Menariknya dudukan ini mengizinkan penggunanya untuk menyembunyikan plat nomor.

"Jadi saat mobilnya ikutan pameran mobil, plat nomor dapat dengan mudah disembunyikan," ungkap Josh.

Langkah selanjutnya adalah memasang saluran pembuangan. Bengkel yang berlokasi di Colorado, Amerika Serikat ini menggunakan knalpot stainless steel yang sudah dimodifikasi. Knalpot diletakkan di sepanjang bodi bagian bawah dan berukuran sangat besar.

"Dari semuanya, yang paling sulit namun paling keren yaitu pengerjaan interior. Karena interiornya dibuat dari full aluminium kustom. Butuh waktu yang sangat lama untuk mendesain, membentuk dan memasang pelat aluminium ke dalam kabin," terangnya.

Setelah semua proses dilalui, tibalah proses modifikasi pada tahap terakhir yaitu pengecatan. Warna biru gelap menjadi pilihan sang pemilik George. Untuk mengaplikasikan cat, mobil sebelumnya di sand blast kemudian disemprot dengan cat dan coating.

"Mobil ini unik, karena terdapat penggunaan beberapa komponen yang menarik, seperti mesin 392 Hemi dengan sistem injeksi Hillborn, full kuatom handmade aluminium interior, dan sistem pembuangan kustom full stainless steel," tutupnya.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fid/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami