Iklan Jadul, Rekor Irit Honda Super Cub 115Km/L

Melihat iklan Honda jaman jadul membuat mata melebar, sebab motor bebek klasik Honda Super Cub di jamannya diklaim sangat irit, bisa tembus 115Km per liter.

Selasa, 11 April 2017 12:30
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Melihat iklan Honda jaman jadul membuat mata melebar, sebab motor bebek klasik Super Cub di jamannya diklaim sangat irit. Saking iritnya angka yang dicapai bisa tiga kali lipat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor sekarang.

"Mari berhonda. Masyarakat semakin kritis akan pemakaian BBM, Honda Super Cub untuk itu. Pemegang rekor 115Km per liter," dikutip dari brosur iklan masa itu.

Dari klaim rekor tersebut, angka iritnya memiliki selisih yang cukup fantastis ketika dibandingkan dengan motor jaman sekarang, bahkan dengan sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi sekalipun. Perlu kita ketahui bersama Honda Super Cub masih menggunakan sistem pengabutan bahan bakar karburator yang secara efisiensi pencampuran udara dan bensinnya lebih baik injeksi.

Kemudian ketika brosur iklan jadul tersebut diposting dalam sejumlah groub otomotif, sejumlah netizen pun memberikan komentar jika keiritan tersebut bisa dipercaya namun ada ketentuannya.

"Percaya kok, asal yang bawa motor beratnya maksimal 50kg dan speednya 40km. Ketika ganti gigi mesin jangan sampai meraung, gasnya diurut pake perasaan dan yang utama, jalannya datar sepi atau pas turunan mesin dimatiin," komentar salah seorang netizen.

Lebih lanjut ada netizen lain yang melihatnya lebih detail. "Di bawahnya ada catatannya, average speed 30 km/jam biar bisa ngirit segitu. Masalahnya apa ya sabar ke luar kota dengan kecepatan segitu?", sahut komentar dibawahnya.

Netizen lain menanggapi jika keiritan tersebut harus sesuai dengan aturan khusus.

"Ada tanda bintangnya tuh yang artinya syarat dan ketentuan berlaku. Dari dulu kok Honda selalu kayak gini," komentar netizen yang lain.

Selain itu banyak juga yang tidak percaya  kebenaran rekor keiritan Honda Super Cub tersebut. "Satu liter bensin campur, ... campurnya dorong," tulis yang lain dengan dibumbuhi icon tertawa.

Yang juga ada yang menambahkan, "60km motornya diangkut mobil pickup, isi satu liter dan baru dikendarai," komentar netizen lain yang juga tidak percaya.

Kemudian ada juga pemiliki sekaligus pemakai salah satu jenis Honda Super Cub yang memberikan komentar. "Saya juga pakai Super Cup 700 tahun 1981. 1 liter cuma dapat 50km, mesin standart 3 speed, karburator juga standart. Apa karena sprayer (spuyer) semakin besar lubangnya termakan jaman ya?"

Setelah melihat iklan jadul Honda Super Cub tersebut dan sejumlah komentar netizen tersebut bisa ditarik kesimpulan. Bisa saja rekor 115km/l tersebut tercapai karena pada masa itu, jalanan tidak sepadat sekarang, kemudian bobot motor dan ridernya juga ringan, sebab motor tersebut hanya memiliki berat 80kg. Kalau pun tidak untuk sekarang ini juga sangat sulit dibuktikan mengingat Honda Super Cub yang ada sekarang sudah termakan usia. Jadi kalau pun mau melakukan pengujian irit BBM untuk sekarang ini pastinya akan sangat sulit untuk mendapat angka tersebut.

News Menarik Motor Klasik Lainnya

(kpl/rd)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami