Hyundai Venue Punya Transmisi Manual, Tapi Tak Pakai Pedal Kopling

Normalnya, mobil dengan transmisi manual memiliki tiga pedal yakni, gas, rem, dan kopling. Tapi Hyundai Venue transmisi manual hanya punya dua pedal.

Sabtu, 11 Juli 2020 22:15
Hyundai Venue Punya Transmisi Manual, Tapi Tak Pakai Pedal Kopling Hyundai Venue India (Carbuzz)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Hyundai Venue sudah meluncur di India. Model itu memiliki pilihan transmisi manual. Tapi menariknya, Venue manual tak dilengkapi dengan pedal kopling.

Dilansir Carbuzz, Hyundai menyebut mobil itu menggunakan intelligent gearbox iMT. Transmisi manual 6-percepatan itu hanya menggunakan pedal rem dan gas (throttle).

Hyundai Venue menggunakan mesin bensin T-GDi 1.0L turbocharged. Menurut Hyundai, iMT gearbox itu terdiri dari tuas persneling dengan behavior sensor, hydraulic assistance, dan gearbox control (TCU).

1 dari 1 Halaman

Sistem Kerja

Behavior sensor mengirimkan sinyal ke tCU utnuk perpindahan gigi. Kemudian meneruskan sinyal dari TCU ke hydraulic assistance.

Kemudian kopling dicocokkan dan dilepaskan melalui sislinder bantu konsentris tanpa oprasi tambahan pengemudi. Hyundai menggambarkan proses elektro-mekanis ini dengan mulus, tanpa penundaan, tapi pengemudi masih perlu waktu untuk beradaptasi dengan sistem ini.

Pabrikan asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa iMT akanĀ  mengurangi tekanan mengemudi saat terjebak macet. Artinya, bahwa gearbox ini cocok untuk lingkungan lalu lintas India, yang mana kemacetan lalu lintas sering terjadi.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami