HR-V Punya Varian Hybrid di Eropa, Kapan Giliran Indonesa?

Honda HR-V terbaru akan diluncurkan di Eropa. Honda juga menunjukkan spesifikasi varian hybridnya. Apakah kelak HR-V Hybrid akan masuk pasar Indonesia?

Selasa, 03 Agustus 2021 10:15
HR-V Punya Varian Hybrid di Eropa, Kapan Giliran Indonesa? Honda HR-V terbaru. (Honda via paultan.org)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Generasi terbaru Honda Vezel atau HR-V belum lama diluncurkan. Model terbaru itu pertama kali diluncurkan di Jepang pada 18 Ferbruari 2021, negara-negara lain termasuk Indonesia masih mengunggu kehadirannya.

Tapi kini beredar rumor yang menyebutkan bahwa HR-V generasi ketiga akan diluncurkan di pasar Eropa sekitar akhir tahun ini. Tak hanya sebatas waktu peluncuran, Honda juga menunjukkan detail-detail spesifikasi salah satu varian terbarunya, yakni e:HEV Hybrid.

Melansir autobuzz.my, Sistem hybrid Honda HR-V tersebut serupa dengan milik Honda City RS di Malaysia dan Thailand.

 

 

 

1 dari 3 Halaman

Ilustrasi sistem hybrid Honda HR-V. (Honda via autobuzz.my)

Sistem hybrid-nya terdiri dari mesin berkapasitas 1.500cc dengan teknologi atkinson-cycle dan ditemani dua motor listrik. Mesin hybrid itu menyemburkan tenaga 131 hp dan torsi 253 Nm.

Mobilnya berakselerasi 0-100km/h dengan waktu 10,6 detik dan Honda klaim konsumsi bahan bakarnya di angka 5,4 liter per 100 km.

Performa itu didapat setalah honda melakukan penyempurnaan mesin 1.500cc serta peningkatan kapasitas cell baterai dari 48 menjadi 60. Sementara peningkatan kapasitas cell baterai tidak menyita ruangan di dalam kabin.

2 dari 3 Halaman

Ilustrasi sistem regenerative braking. (Honda via autobuzz.my)

Untuk transmisi, Honda hanya menggunakan satu percepatan dengan rasio pendek. Selain itu transmisi tersebut dapat meningkatkan akselerasi sekaligus menghemat konsumsi BBM.

Honda juga menyediakan beberapa opsi berkendara. Econ untuk menghemat BBM, Normal, Sport untuk tarikan mesin yang lebih baik dan terakhir adalah mode ‘B’.

3 dari 3 Halaman

Mode terakhir tersebut dirancang untuk membuat HR-V mirip mobil listrik dengan sistem regenerative braking. Saat pedal gas diangkat, mobil akan mengerem perlahan-lahan supaya baterai bisa mengisi dengan sendirinya. Hasilnya versi terbaru ini bisa dikendarai menggunakan one pedal operation.

Apakah kelak HR-V Hybrid akan masuk pasar Indonesia? Kita tunggu saja.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami