Honda PCX Akan Punya Mesin Baru DOHC?

Beredar desain paten mesin 150 cc DOHC,sepertinya akan dipasang di Honda PCX.

Jum'at, 23 Agustus 2019 11:15
Honda PCX Akan Punya Mesin Baru DOHC? Honda PCX (Honda Jepang)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Posisi Honda PCX di pasar otomotif Indonesia saat ini memang terbilang aman. Hanya saja, secara spesifikasi, skutik tersebut kalah dari rivalnya, Yamaha Nmax.

Dapur pacu Honda PCX dihuni mesin 150 cc SOHC. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 14,4 hp dengan torsi 13,2 Nm. Performa ini jelas lebih rendah dari Yamaha Nmax.

Skutik gambot keluaran pabrikan berlogo garpu tala itu dibekali mesin 155 cc SOHC berteknologi VVA. Tenaga yang dihasilkan mencapai 14,8 hp dan torsi maksimumnya 14,4 Nm.

 

 

1 dari 2 Halaman

Sistem DOHC

Sistem DOHC

Untuk menghadapi hal itu, rupanya Honda diam-diam mengembangkan mesin 150 cc baru. Mengutip dari Kojintekibikematome.blog.jp, terdapat beberapa ubahan pada desain yang dipatenkan Honda.

Pertama, jumlah valve atau klepnya bertambah, dari 2 menjadi 4. Artinya, mesin ini telah menggunakan sistem DOHC untuk meningkatkan performanya.

Selain itu, ada komponen yang mengontrol klep tersebut. Dengan demikian, akselerasi mesin ini jadi lebih konsisten di putaran bawah, tengah, dan atas.

2 dari 2 Halaman

Diprediksi Rilis 2021

Diprediksi Rilis 2021

Meski telah dipatenkan, mesin baru ini nampaknya tak akan muncul dalam waktu dekat. Hal itu tak terlepas dari usia Honda PCX yang belum mencapai 2 tahun.

Diprediksi, mesin DOHC Honda PCX itu akan hadir bersamaan dengan versi facelift-nya. Bisa jadi, model terbaru dari skutik gambot tersebut dirilis pada pertengahan atau akhir 2021 mendatang.

Hanya saja, rumor yang beredar saat ini adalah basis produksi mesin tersebut berada di Thailand. Namun tak menutup kemungkinan juga akan dibuat di Indonesia.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami