Honda City Sedan Tanpa Embel-embel RS, Ini Penjelasan HPM

Berbeda dengan City hatcback RS, City sedan tidak mempunyai versi sporti. Ini alasannya.

Sabtu, 30 Oktober 2021 20:15
Honda City Sedan Tanpa Embel-embel RS, Ini Penjelasan HPM Honda City sedan (HPM)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan Honda City sedan generasi kelima, Kamis (28/10/2021). Mobil tersebut akan dijual bersamaan dengan City hatchback RS di Indonesia.

Berbeda dengan model hatchback, City sedan tidak hadir dengan varian Road Sailing (RS). Hal ini terlihat jelas dengan minimnya embel-embel sporti dari luar hingga bagian dalam mobil itu.

Sebagai contoh interior City hatchback RS disematkan aksen-aksen merah, mulai dari jok hingga speedometer. Sementara di versi sedan, seluruh warna tersebut antara dihilangkan atau diubah menjadi warna putih. 

 

1 dari 4 Halaman

Tampil elegan

Honda City hatchback RS (HPM)

Menjawab soal City sedan minim aura sporti, HPM menjelaskan bahwa pembeli City sedan lebih mencari tampilan yang lebih mewah. Pasalnya pembeli Honda City sedan adalah fleet customer atau orang dari perusahaan yang membutuhkan kendaraan untuk operasional.

Untuk itu, Honda harus menyesuaikan wujud City sedan sesuai keinginan dari para pelanggan mereka.

"Perubahan (tampilan) yang kita lakukan untuk menjadi elegan itu, kita sesuaikan dengan target customer kita. Kita belajar bahwa mayoritas pembeli City sedan itu kebanyakan fleet customers, perusahaan-perusahaan yang membeli City sedan untuk mobil operasional," ungkap Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager HPM.

2 dari 4 Halaman

Selain itu para fleet customers tersebut lebih mementingkan tampilan yang mewah dipadu dengan kepraktisan, karena menjadi mobil operasional yang menunjang pekerjaan. Hal ini bertolak belakang dengan City hatchback RS yang lebih mengusung rasa berkendara sporti namun kurang praktis di bagian interiornya.

"Memang yang kita usung disini adalah elegance untuk menyesuaikan dengan target market kita dan lebih mementingkan practicality. Bisa dilihat juga perbedaannya dengan City hatchback yang lebih mengusung RS atau sporti," tambahnya.

3 dari 4 Halaman

Membedakan pasar

Honda City sedan RS di Filipina (hondaphil.com)

Dengan City sedan, Honda ingin mengisi dua pasar sekaligus. Pertama adalah pasar rasa berkendara sporti yang diisi oleh Honda City hatchback RS. Lalu kedua adalah pasar mobil elegan dan mewah dengan menyodorkan Honda City sedan.

"Kita ada dua (mobil). Sporti itu kita pilih ke City hatchback RS, kemudian yang elegan ini yang sedan. Jadi kita siapkan dua (mobil) untuk bisa dipilih oleh konsumen Indonesia," tutur Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM.

4 dari 4 Halaman

Berdasarkan studi yang mereka lakukan, diketahui bahwa mobil hatchback cenderung lebih cocok mengambil aura sporti, sementara tipe sedan lebih sesuai dengan styling atau rasa berkendara yang lebih mewah.

"Kami melakukan studi, memang untuk sedan tipe elegan yang lebih dipilih, untuk yang sporti itu tipe hatchback," tutupnya.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami