Honda City CNG Jadi Mobil Riset BPPT

Honda menyerahkan satu unit Honda City CNG untuk edukasi dan pengembangan teknologi energi bahan bakar alternatif (gas) di Indonesia.

Senin, 16 Februari 2015 19:45
Honda City CNG (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Serpong, Tangerang, Banten, 16 Februari 2015 – PT Honda Prospect Motor (HPM) menyerahkan satu unit Honda City CNG untuk edukasi dan pengembangan teknologi energi bahan bakar alternatif (gas) di Indonesia kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Honda City CNG diserahkan langsung President Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto di kawasan Puspitek BPPT, Serpong, Tangerang, Benten, Senin (16/2).

Kami berharap Honda City CNG ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari, sebagai salah satu kendaraan dengan energi bahan bakar alternatif yang sesuai untuk dapat diterapkan ke depannya," imbuh Uchida.

Honda City CNG merupakan terobosan baru untuk sebuah mobil jenis sedan subcompact. Honda City CNG menggabungkan dua konsep pengembangan yaitu New Value of CNG dan Exceed Proud Sedan.

Honda City CNG menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua buah sumber tenaga, yaitu mesin bertenaga bensin (konvensional) dan CNG. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 120 PS untuk mesin bertenaga bensin, dan 102 PS untuk CNG pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 12.9 kgm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Pengemudi dapat memilih mode berkendara dengan mesin bensin maupun CNG yang terdapat pada Honda City CNG dengan menekan mode switch pada bagian kanan di sebelah setir. Indikator lampu berwarna hijau pada mode switch menandakan kendaraan sedang berada pada mode berkendara CNG.

Honda City CNG mempunyai penambahan perangkat pada mesin berupa tanki gas berkapasitas 42 liter yang terdapat pada bagasi mobil, CNG Switch yang terletak pada bagian kanan di sebelah setir, high-pressure piping, ECU tambahan, CNG injector, pressure regulator, serta tambahan lid untuk bahan bakar gas (BBG) yang terletak di atas lid untuk bahan bakar bensin.

Honda City CNG sudah memenuhi standar emisi EURO 4. Honda City CNG menggunakan sistem transmisi 5 AT dilengkapi dengan fitur Grade Logic Control serta fitur Electric Power Steering. Berbagai fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, ABS + EBD, Dual SRS Airbags, serta Seatbelt dengan Pretensioner Load Limiter dan Neck Shock Mitigation System juga terdapat pada Honda City CNG.

Honda City CNG saat ini hanya dijual untuk Pasar Thailand.

Kabar Terbaru BBG

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami